Cara Buat Aplikasi Android dengan Gampang

cara-buat-android-appsSiapa sih yang tidak kenal Android? Pasti ketinggalan jaman tuh orang yang sampai detik ini tidak mengenal Android. Kepopulerannya kini telah menjadikannya sebagai os yang paling banyak digunakan pada setiap gadget dan komputer yang dikeluarkan. Siapa pula yang tidak tertarik dengan kecanggihan teknologi dan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh sistem operasi android ini? Karena setiap orang pasti akan diuntungkan dalam setiap pekerjaan mereka.

Hal lain yang perlu Anda ketahui, aplikasi Android ini semakin menarik karena lisensi dari sistem operasi ini sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin memiliki dan mengembangkan kemampuan dalam setiap program aplikasi untuk diterapkan pada gadget android mereka. Tentu saja hal ini akan menjadikan teknologi android ini akan terus berkembang hingga 5-10 tahun ke depan.

Saat ini telah diciptakan tools untuk dapat membuat aplikasi android tanpa kita harus mengerti bahasa program android terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tools-tools yang digunakan berbasis interface sehingga akan semakin memudahkan para pengguna pemula sekalipun sesuai keinginan mereka. Bahkan terserah mereka akan mereka gunakan sendiri pada gadget mereka ataukah akan mereka jual pada pengguna lainnya.

Wah, sangat menggiurkan bukan? Benar-benar memiliki prospek yang bagus dalam segi bisnis. Siapapun akan dengan mudah membuat aplikasi android sendiri, karena banyak referensi dari internet yang akan mengajarkan trik n tips untuk membuat aplikasi android pada gadget mereka. Apalagi gadget dengan aplikasi android semakin terjangkau oleh semua kalangan, menjadikan setiap orang dapat menikmati kecanggihan teknologi ni sesuai keinginan para penggunanya.

Nah, sebelum Anda memulai untuk menelisik lebih jauh untuk membuat aplikasi android sendiri, tentunya Anda sudah harus mulai mencari tahu istilah-istilah apa saja yang digunakan pada program ini. Gampang… Anda tinggal klik untuk mulai pencarian di mesin google. Akan ada banyak sekali informasi yang ingin Anda ketahui.

Langkah selamnjutnya, Anda perlu mencari tahu tools-tools apa saja yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android. Ternyata tools-tools yang digunakan untuk membuat aplikasi android itu ada banyak sekali. Jadi, tentukanlah tools-tools mana saja yang sekiranya tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan keingina Anda.

Ini dia beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi android dan tentunya gratisss.

1.Netbeans
Tools Netbeans ini merupakan Tools IDE (Integrated Development Environment)yang biasa digunakan oleh para programmer untuk membuat programatau aplikasi dengan Java sebagai bahasa program utama. Lisense program yang digunakan merupakan open source sehingga akan memudahkan siapa saja untuk membuat aplikasi termasuk aplikasi android, secara gratis.
Download Netbeans 6.0 Disini : http://bits.netbeans.org/6.0/final/

2.Eclipse

Tools IDE ini juga biasa digunakan untuk membuat atau sekedar mengembnagkan sebuah aplikasi. Tools ini banyak mendukung berbagai kemudahan dalam pengerjaan proyek para developer atau pengembang aplikasi android, sehingga mereka banyak menggunakannya. Tidak jauh berbeda dengan tools netbeans yang juga menggunakan lisense open source menjadikan tools eclipse banyak digunakan karena gratis. Dibandingkan dengan tools yang lainnya tools ini dapat dikembangkan dengan komponen plug-in, tentunya akan sangat cocok dengan program android.

Download Eclipse Juno Disini : http://eclipse.org/downloads/

Untuk menjalankan kedua tools di atas kita masih membutuhkan beberapa plug-in pendukung lainya yaitu :

?Java SE Development Kit (JDK) – Download Disini :
http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1880260.html
?Android SDK – Silahkan Download Disini :
http://developer.android.com/sdk/index.html?Android Development Tool (ADT)

Setelah mendapatkan tools yang sesuai maka Anda akan menemukan cara buat aplikasi android dengan gampang.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*