Tahun 2015 Saatnya Kunjungi 10 Wisata Andalan Nusantara

nusantara2Sapujagat.com – Tahun 2014 telah berakhir, kini siapkah anda┬átravelling ke tempat wisata andalan nusantara?

Inilah beberapa lokasi wisata di berbagai daerah yang mungkin belum Anda kenal, atau hanya pernah Anda dengar namun belum sempat dikunjungi.

Goa Terindah, Goa Gong dan Goa Tabuhan, Jawa Timur

goa-terindah-1

Gua ini dipenuhi stalaktit yang tampak berkilau seperti kristal. Ditambah pencahayaan lampu-lampu temaram menambah keindahan bagian dalam gua. Selain itu terdapat batu yang jika dipukul menghasilkan bunyi lantang seperti gong dalam gamelan Jawa.

Goa Gong dan Goa Tabuhan yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Goa Gong terletak di Desa Bomo.

Goa Tabuhan yang letaknya tak jauh dari Goa Gong. Goa Tabuhan terletak di Dukuh Tabuhan. Di gua ini tersimpan sejumlah stalagtit yang menghasilkan bunyi seperti gamelan lengkap. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan grup kesenian setempat memainkan musik dengan batu-batu di sana.

Danau Kaco, Jambi

danau-kaco

Danau Kaco memiliki nama yang berarti ‘danau kaca’. Airnya berwarna biru cemerlang, seolah dicelup cat biru laut. Yang menjadikan danau ini istimewa adalah airnya yang bisa menyala di malam hari, terutama saat bulan purnama. Tak jarang wisatawan yang sengaja berkemah di sekitar Danau Kaco saat bulan purnama.

Menurut situs Wonderful Indonesia, danau yang konon sangat dalam ini juga menjadi habitat bagi ribuan ikan semah.

Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

07915565ff5ef8229e12a4dbad96ffd7_XL

Keunikan Wae Rebo sempat menjadi perhatian dunia pada pertengahan tahun 2000-an. Walaupun begitu kampung ini baru menjadi bahan pemberitaan di tanah air sekitar tahun 2008 hingga 2010. Pada tahun 2012 lalu Wae Rebo bahkan meraih penghargaan Top Award of Excellence dari UNESCO UNESCO Asia Pacific Heritage Awards.

Wae Rebo adalah nama sebuah desa yang berada di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Flores. Desa adat yang terpencil ini masih menjaga akar budaya Manggarai mereka. Terlihat dari mbaru niang, rumah-rumah kerucut yang mereka buat dari daun lontar.

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

imagefromurl

Sama seperti Danau Kaco, danau ini juga punya air jernih berwarna biru cemerlang. Tetapi keistimewaan Labuan Cermin terletak pada airnya yang terdiri dari dua jenis, air asin di dasar dan air tawar di permukaan.

Uniknya kedua air ini tidak pernah tercampur. Jika diperhatikan baik-baik, air tawar dan air asin di Labuan Cermin terpisah oleh lapisan tipis serupa awan. Ikan air tawar dan laut hidup bersama-sama di kedua bagian air danau tersebut

Pink Beach Pulau Komodo

pink beach 3

Pantai berwarna pink ini hanya ada tujuh di dunia. Selain pasirnya yang unik, keindahan bawah lautnya juga layak diselami.

Nilai lebih Taman Nasional Komodo bukan cuma dari spesies kadal yang tak bisa ditemui di tempat lain di dunia. Pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir berwarna merah muda yang cantik.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Sumatera Utara

croat_can

Keunikan air terjun indah ini adalah airnya yang tercurah ke danau. Air di kolam itu terdiri dari dua gradasi, yaitu putih-kelabu dan biru muda. Menurut situs Go Sumatera, warna-warna ini disebabkan karena kandungan fosor dan belerang di dalamnya. Selain itu suhu air di sana pun berbeda. Air yang berwarna biru terasa sejuk, sementara air yang berwarna putih sedikit hangat.

Air terjun ini bersumber dari mata air Gunung Sibayak. Bertempat di Desa Durin Sirugun, Sumatera Utara, air terjun indah yang berwarna biru, Namanya Air Terjun Dua Warna Sibolangit.

Danau Ubur-Ubur Kakaban, Kalimantan TImur

pulau-kakaban-01

Menurut situs Wonderful Indonesia, danau di Pulau Kakaban menjadi rumah bagi empat spesies ubur-ubur, yaitu ubur-ubur totol (Mastigias papua), ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata). Semuanya sudah kehilangan daya sengat karena proses evolusi.

Danau ini terletak di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Menurut situs Atlas Obscura, danau seperti ini hanya ada dua di dunia.

Pantai Sawarna, Banten

pantai-sawarna-banten-jawa-barat

Sawarna merupakan salah satu pantai terindah yang dimiliki Provinsi Banten.

Pantai tersebut dihiasi batu-batu karang raksasa yang indah dipandang. Selain itu wisatawan juga bisa menjelajahi sungai dan hutan di area Kampung Wisata Sawarna, panjat tebing, wisata gua, dan agrowisata.

Pantai Segara Anakan, Jawa Timur

1

Di sini Anda bisa menyaksikan laguna Segara Anakan yang berair hijau zamrud dan dikelilingi hutan rimbun.

Pantai yang tersembunyi ini berada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini memiliki air yang tenang dan dikelilingi aneka vegetasi yang menakjubkan.

Air Terjun Mata Buntu, Sulawesi Selatan

105076_air-terjun-di-moramo--konawe-selatan--sulawesi-tenggara_663_382

Air terjun megah yang sekilas tampak seperti Niagara ini berada di tengah hutan rindang. Curahan airnya mengalir membentuk sungai, melalui cekungan-cekungan serupa kolam bertingkat di Semuc Champey, Turki.

Wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun dan keindahan hutan sekitar, serta menyaksikan sejumlah kupu-kupu yang berterbangan di sekitar air terjun.

Itulah 10 objek wisata keren yang bisa Anda kunjungi di tahun 2015.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*