Pencarian AirAsia QZ8501 di Bantu Rusia Dengan 2 Pesawat dan 40 Penyelam Sabtu Ini

bantu-cari-airasia-rusia-sesumbar-bisa-temukan-black-boxSapujagat.com – Hari ini bantuan  datang dari Rusia yang mengirimkan 2 buah pesawat dan 40 penyelam guna mencari dan evakuasi pesawat AirAsia QZ8501.

“Hari ini kita dapatkan kekuatan tambahan dari Rusia, satu pesawat Elisin untuk transportasi dan PE 200 amfibi, serta 40 penyelam lengkap dengan morsibel,” kata Kepala Basarnas Marsekal FHB Soelistyo di kantor Basarnas, Jakarta, Sabtu (3/1).

Soelistyo mengatakan tim dari Rusia itu siang ini akan dikerahkan ke perairan Pangkalanbun. Para penyelam Rusia juga akan diterjunkan ke lokasi keberadaan badan pesawat nahas itu.

“Saya sudah lakukan koordinasi dan planning area mereka dengan sasaran untuk mengobservasi objek terapung dan luar area karena kecepatan arus. Rencana siang nanti mereka akan ke Pangkalanbun dan menyiapkan diver,” kata Soelistyo.

Soelistyo menegaskan operasi hari ini akan fokus pada penyelaman di titik penemuan objek besar tersebut yang berada di kedalaman 30 meter. Selain penyelaman, fokus operasi akan diarahkan pada observasi dan searching agar korban tidak keluar dari area yang sudah dilokalisir.

“Kesimpulan saya, saya fokus dengan kekuatan prioritas dan penyelaman. Di luar itu, kita observe melakukan pencarian, agar korban tidak keluar dari area,” pungkasnya.

Sementara itu para penyelam dari TNI AL, kata Soelistyo, akan difokuskan pada titik penemuan objek besar yang dipastikan bagian dari pesawat AirAsia untuk mendapatkan gambar visual.

“Kemudian penyelam kita yang ada di KRI Banda Aceh, mereka sedang menuju ke tempat benda ditemukan dan kita keroyok,” katanya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*