Musnahkan 37 Ribu Ayam Untuk Cegah Flu Burung di Jepang

15-Negara-Laporkan-Flu-Burung-Clade-BaruSapujagat.com – Diberitakan Channel News Asia, pengujian lab menunjukkan bahwa virus strain H5 ditemukan di peternakan prefektur Yamaguchi di pulau Honshu setelah pemiliknya Senin malam melaporkan beberapa ayamnya mati tiba-tiba.

Pemerintah Jepang pada Selasa (30/12) memerintahkan pemusnahan sekitar 37 ribu ayam setelah tercatat tiga kasus flu burung dalam kurang dari sebulan.

Akibatnya, Hong Kong memutuskan untuk melarang impor dari wilayah terdampak di Jepang.

Selain melakukan pemusnahan pada Selasa, pemerintah Jepang juga meminta peternakan di radius 10 kilometer untuk tidak mengirimkan hewan mereka ke luar wilayah.

Sehari sebelumnya, Pemerintah Tokyo memerintahkan pemusnahan sekitar 42 ribu ayam di peternakan prefektur Miyazaki di Kyushu.

Beberapa strain virus flu burung mematikan untuk ayam dan unggas serta mengancam kesehatan manusia.

Pusat Keamanan Makanan Hong Kong pada Selasa mengumumkan larangan impor produk daging dan unggas daru prefektur Yamaguchi menyusul pengumuman flu burung oleh pemerintah Jepang.

Lebih dari 4.600 ton daging unggas beku dan 17,7 juta telur diimpor dari Jepang ke Hong Kong antara Januari hingga Oktober tahun ini.

Hari Minggu lalu, seorang wanita di Hong Kong terdeteksi mengidap virus flu burung H7N9 dan dalam kondisi kritis. Wanita berusia 68 tahun itu masuk rumah sakit pada 25 Desember setelah berkunjung ke kota Shenzen di Tiongkok dua minggu sebelumnya.

Sepuluh orang telah didiagnosa mengidap virus H7N9 di kota selatan Tiongkok tersebut, tiga orang lainnya tewas karena penyakit yang sama.

Virus flu burung strain H5N1 telah menewaskan lebih dari 400 orang sejak pertama kali terdeteksi tahun 2003. Sementara strain H7N9 telah menewaskan 170 orang sejak 2013.

Sebelumnya awal bulan ini, flu burung dilaporkan terdeteksi di peternakan lainnya di Miyazaki, berujung pada dimusnahkannya 4.000 ayam. Ini adalah kasus pertama flu burung di Jepang sejak April lalu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*