Eating Well Beri Jawaban Seputar Baik Memanggang dengan Gas atau Arang?

memanggang-dengan-cara-yang-sehatSapujagat.com – Cara memanggang yang paling populer saat tahun baru adalah dengan menggunakan arang kayu dibanding dengan gas. Namun, perdebatan pun muncul. Mana alat pemanggang yang bisa menghasilkan makanan lebih sehat?

Menurut Eating Well, kedua alat pemanggang ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, mulai rasa, biaya dan kenyamanan saat penggunaannya. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berhasil menemukan mana cara memanggang yang lebih sehat di antara keduanya.

Hanya saja, pertimbangannya mungkin harus sedikit diubah. Bukan lagi pertimbangan mana yang lebih sehat, tapi dari segi rasa dan juga akibat jangka panjangnya.

Memanggang dengan menggunakan bahan bakar arang akan melepaskan karbon monoksida, partikel dan jelaga ke atmosfer. Hal ini berkontribusi pada peningkatan konsentrasi polusi yang akan merusak ozon.

Namun, ketika memanggang memakai arang kayu, rasa makanan bakaran akan terasa lebih nikmat dibanding pemanggang gas. Dengan arang, aroma akan jadi lebih harum, nikmat dan sensasi asap (smoke).

Jika menggunakan pemanggang gas, tentu saja harganya akan jauh lebih mahal, dan rasanya kurang sedap. Akan tetapi, dengan gas, proses memasak akan jadi lebih cepat dan mudah diatur tingkat panasnya.

Itulah jawaban yang di berikan oleh Eating Well semoga bisa menjadi masukan anda dalam memanggang di malam tahun baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*