20.000 Rusun Target Pemprov DKI di Tahun 2015

rumah susun dengan fasilitas umumSapujagat.com – Ahok yang saat itu masih menjabat sebagai wakil gubernur mengungkapkan jika rumah susun yang sudah terbangun saat ini baru lebih 1.000 unit dan belum memenuhi target Pemprov DKI Jakarta.

Pembangunan rumah susun kata Ahok tidak hanya menggunakan anggaran pemerintah daerah, tapi juga melibatkan pihak swasta. Sasaran utama penghuni rumah susun tersebut menurutnya, adalah warga kurang mampu yang bermukim di sekitar daerah aliran sungai dan sekitar waduk.

Saat Ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan membangun 20 ribu unit rumah susun (rusun) pada 2015 mendatang. Bangunan itu nantinya akan tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Tahun depan ada 20.000 unit,” kata Kepala Dinas Perumahan Pemprov DKI Jakarta, Yonathan Pasodung di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/12).

Yonathan mengatakan, pembangunan itu di antaranya ada di daerah Rorotan dan Penggilingan, Jakarta Utara. Dengan rincian di Rorotan dibangun sekitar 3,6 Hektare dan Penggilingan sekitar 3,7 Hektare.

Namun dia tidak bisa menyebutkan secara detail lokasi-lokasi pembangunan rusun tersebut. “Kemungkinan besar ada 8-10 lokasi dengan luasan mulai ada dari 2 sampai 6 Hektare. Bahkan ada yang sekitar 40 Hektare,” ucapnya.

Terkait pembangunan rusun di Tahun 2014 ini, Yonathan mengungkapkan masih terus berjalan. “Tahun ini masih berlangsung terus. Salah satunya di Jakarta Barat ada 1.000 lebih, di Jakarta Timur, Kampung Pulo Gebang ada 200 orang, akhir Januari 260 lagi,” kata dia.

Kemudian di rusun Cipinang Besar Jatinegara pihaknya merelokasi dari wilayah Ria-Rio sebanyak 200 Kepala Keluarga. “Di Jakarta Timur di jalan Komarudin untuk Kali Apuran sebanyak 200 KK. Di Cipinang Besar Selatan. Akhir Januari rusun yang dibuat Kemen PU di Jatinegara Barat potensi 580 KK bisa masuk. Misalnya dari Kampung Pulo mesti direlokasi, kami siapkan di Cipinang Besar Selatan dan Komarudin, misalnya ada penertiban terpaksa kita isi ke situ,” katanya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan akan segera merealisasikan pembangunan 50 ribu rumah susun mulai 2015 setelah proses pembebasan lahan dituntaskan.

“Persoalannya adalah pembebasan lahan yang sangat rumit. Tapi kami targetkan mulai tahun depan mulai membangun,” katanya di Balai Kota, SeninĀ  (17/11) dikutip dari Merdeka.com.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*