Wah Gawat, Robot ‘Wall.e’ Mengambil ALih Restoran di Tiongkok

Part-HKG-Hkg10088601-1-1-0Sapujagat.com – Sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tokoh utama dalam film ini adalah sebuah robot yang bernama WALL•E. Film ini dirilis pada tanggal 27 Juni 2008

Restoran yang terletak di Hefei provinsi Anhui, China. Walau menggunakan nama yang sama, namun ia tak ada kaitannya dengan Pixar. Tetapi hanya menggunakan robot yang mirip Wall.e sebanyak 30 unit.

Robot-robot inilah yang bertanggung jawab pada operasional harian restoran. Seperti memasak, membuat kue, menerima pesanan makan, hingga mengantar hidangan ke meja pelanggan.

Sebelumnya di Chengdu, restoran seperti Wall.e sudah lebih dulu dibuka. Terletak di kawasan perbelanjaan di Ningbo, restoran tersebut memiliki robot yang dilengkapi dengan 40 kosakata bahasa Mandarin untuk berinteraksi dengan pengunjung dan menerima pesanan.

Robot-robot itu juga dibekali dengan sensor yang memandu mereka dalam berjalan di lantai, sehingga robot-robot itu tidak menabrak meja, kursi, dan dinding.

Walaupun harga satuan robot ini tidak murah, yakni hampir USD 10.000, sang pemilik tidak khawatir dengan hal itu. Menurutnya, ia rela untuk mengucurkan dana yang tidak sedikit itu untuk beberapa alasan. Salah satunya adalah bisa menghemat karyawan dengan mempekerjakan robot.

Robot ini dapat bekerja 8 jam perhari dan hanya bekerja menggunakan baterai, sehingga pemilik tidak repot untuk memberikan uang makan. Robot ini juga memiliki umur yang panjang, yakni sekitar 5 tahun.

Dikutip detikINET dari Youth Health, Senin (29/12/2014), restoran Wall.e memiliki luas 1.500 meter persegi dan mampu menampung hingga 200 pelanggan.

Sebagai negara dengan penduduk terpadat di dunia, Tiongkok memang sangat ambisius dengan robot. Restoran dengan robot sebagai pekerja sebenarnya bukanlah sebuah hal baru di sana. Mengacu dari Gizmodo, hampir tiap bulannya di Tiongkok, restoran dengan konsep serupa dibuka.

walle2 733e35223a9bfbce4982469b1572af49ead4be80 asasaee3343 index walle

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*