Jaga Sidik Jari Anda, Hacker Temukan Cara Meniru Sidik Jari

sidik-jari-bisa-ungkap-lebih-dalam-sang-pelaku-_big__20110806055750_file_vino_cmsSapujagat.com – Jan Krissle adalah salah satu anggota jaringan peretas terbesar di Eropa, Chaos Computer Club yang mengklaim dapat membuat tiruan sidik jari manusia hanya dengan menggunakan beberapa foto jari saja.

Dilansir VentureBeat, pada konvensi tahunan di Hamburg, Jerman, Jan Krissler salah satu anggota jaringan ini memaparkan bagaimana ia dapat menjiplak sidik jari dari Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen.

Dalam prosesnya, Krissler menunjukan bagaimana atribut biometrik yang terdapat pada sidik jari dapat dimanipulasi dengan mudah hanya melalui beberapa foto dan tanpa terjadi kontak fisik.

Krissler mengatakan, ia menggunakan perangkat lunak yang tersedia secara komersial di pasar yang bernama VeriFinger. Setelah mendapatkan gambar jari dari beberapa sudut yang berbeda, Krissler mampu merekonstruksi sidik jari dengan sangat akurat, bahkan hasil duplikasi sidik jari ini dapat menipu sistem keamanan.

Menurutnya, dengan menggunakan teknik ini, peretas mampu menembus sistem keamanan yang sangat canggih sekalipun karena telah memiliki kode verifikasi yang sangat akurat untuk melewati sistem tersebut.

Krissler juga mengimbau kepada pejabat pemerintah setempat atau pemimpin negara untuk menggunakan sarung tangan dalam setiap konferensi guna menghindari risiko keamanan ini.

Metode ini juga memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi. Namun menurutnya, bukan berarti pengamanan melalui sidik jari tidak akan berguna pada masa datang. Langkah keamanan yang lebih baik adalah dengan menggunakan dua kali verifikasi menggunakan sidik jari dan kode PIN.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*