Premier League : Tottenham vs Man.utd, masing-masing tim gagal manfaatkan banyak peluang

B588n_lIYAERZUh

Manchester United dan Tottenham Hotspur harus puas berbagi poin di White Hart Lane, Minggu (28/12) malam WIB, dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-19. Baik United dan Spurs sebenarnya saling bergiliran membuat banyak kans di masing-masing babak, namun penyelesaian akhir yang lemah membuat skor akhir 0-0 menjadi hasil yang pantas.

Dengan raupan satu poin ini, pasukan Louis van Gaal masih tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi 36 poin. Sementara bagi Tottenham, hasil ini menghentikan rentatan tiga kemenangan beruntun dan membuat armada Marucio Pochettino gagal menembus zona Eropa, Spurs masih duduk di posisi enam dengan berselisih lima poin dari United.

Babak Pertama

Kedua tim mengawali laga dengan berhati-hati. Baik Tottenham maupun United mencoba mencari celah untuk membuat peluang di 15 menit pertama, namun belum ada perkembangan berarti. Barulah memasuki menit 20 ke atas, permainan mulai terbuka dengan rentetan kans yang diciptakan kedua tim.

Radamel Falcao mengawalinya ketika mendapat umpan manis Juan Mata, namun tembakannya terlalu lemah sehingga dapat ditangkap Hugo Lloris. Di menit 21 dan 22, berturut-turut Andros Townsend mengancam gawang United lewat aksi menawannya dari sayap kanan, namun David De Gea sigap mengantisipasi tembakan dan crossing berbahaya darinya.

Kans terbaik di laga ini tercipta di menit 23 ketika terjadi kemelut di kotak penalti Spurs akibat tendangan bebas Juan Mata yang mengenai mistar. Bola sempat hampir masuk, untungnya Vlad Chiriches berhasil menghalaunya tepat di garis gawang. Dua menit kemudian, kemelut yang hampir sama terjadi ketika sundulan Phil Jones sempat melewati garis gawang sebelum dihalau bek Spurs. Sayang, Jones ternyata sudah berada dalam posisi off-side.

Memasuki sepuluh menit terakhir babak pertama, United terus menggempur tuan rumah. Sayang, kegemilangan Lloris menjadi penghalangnya. Secara heroik, Lloris berturut-turut menyelamatkan beberapa peluang emas United, seperti tembakan Falcao, sontekan pelan Robin van Persie, sundulan Wayne Rooney, dan sepakan melengkung Ashley Young. Hingga akhir babak pertama skor kacamata tetap tersaji.

Babak Kedua

Tottenham yang tertekan di sepanjang babak pertama mencoba berani keluar menyerang selepas turun minum. Meski demikian, United tetap lebih berbahaya dalam melakukan serangan, seperti ketika Van Persie menyambar crossing mendatar Mata di menit 55 yang masih melambung tinggi. Sekitar sepuluh menit kemudian, giliran tembakan Mata yang melebar ke atas usai menyambut umpan silang Rafael.

Tottenham baru berhasil menciptakan peluang bagus di menit 66, ketika Townsend menusuk dari lini tengah dan melakukan sepakan luar kotak penalti yang masih bisa diantisipasi De Gea. Sejak saat itu, Tottenham terus menggempur United. Di menit 72, Federico Fazio melakukan tembakan setengah voli usai mendapat umpan silang Jan Vertonghen, namun sepakannya masih bisa ditangkap De Gea.

Di menit 78, giliran Christian Eriksen yang beraksi lewat tendangan bebas yang menjadi andalannya selama ini. Namun, eksekusinya berhasil ditepis De Gea. Tak lama berselang, umpan manis Kane berhasil menemui Ryan Mason yang berlari dari belakang, namun tembakannya dari sudut sempit masih melambung tipis di atas gawang De Gea.

Tekanan yang terus diberikan Spurs membuat tim tamu tidak mendapat peluang berarti di babak kedua. Memasuki menit 90, tuan rumah kembali mendapat peluang ketika Chiriches melepaskan crossing berbahaya ke kotak penalti United. Sayang, bola kirimannya terlalu tinggi untuk bisa ditanduk Kane. Hingga injury time tiga menit tuntas, skor 0-0 masih tetap bertahan hingga usai.  

 

Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris, Chiriches, Fazio, Vertonghen, Davies; Mason, Stambouli; Chadli (Lamela 79′), Eriksen, Townsend (Dembele 79′); Kane.

Cadangan: Vorm, Dier, Walker, Paulinho, Soldado.

Manchester United (3-4-1-2): De Gea; Jones, McNair (Shaw 76′), Evans (Smalling 72′); Valencia (Rafael 46′), Carrick, Rooney, Young; Mata; van Persie, Falcao.

Cadangan: Lindegaard, Fletcher, A.Pereira, Wilson.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*