Premier League : Man.City vs Burnley, gagal memanfaatkan kejar Chelsea setelah main imbang

B59Y61CCUAATWKh

Ambisi Manchester City untuk mempertipis jarak dengan Chelsea harus tersendat pada Minggu (28/12) malam WIB. Menjamu Burnley di Etihad Stadium dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-19, City yang sempat unggul dua gol di paruh pertama akhirnya harus mengakhiri laga dengan skor 2-2.

Hasil seri ini jelas merugikan pasukan Manuel Pellegrini. Pasalnya, beberapa jam sebelum laga ini, sang pemuncak klasemen Chelsea sempat tertahan 1-1 di markas Southampton. Jarak City dengan Chelsea pun masih terjaga menjadi tiga poin. Adapun Burnley masih terseok-seok di papan bawah klasemen.

Babak Pertama

The Citizens langsung mendominasi jalannya laga sejak kick-off. Kans pertama pun langsung mereka ciptakan di periode 15 menit pertama. Sepakan Martin Demichelis dan Samir Nasri di menit ketujuh dan kesembilan semuanya berhasil diblok oleh bek-bek Burnley. Kemudian, sontekan James Milner yang menyambar umpan silang Jesus Navas masih melebar.

Tim tamu sendiri mampu merespons start cepat City. Beberapa kali mereka mampu memanfaatkan kelengahan City yang sering kehilangan penguasaan bola di lini tengah. Crossing berbahaya Kieran Trippier di menit 17, misalnya, hampir disambar oleh Ashley Barnes. Satu menit berselang tembakan setengah voli Dean Marney masih bisa ditahan oleh Joe Hart.

City akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit 23. Kerjasama apik dari sektor kanan membuat Navas leluasa mengirimkan bola ke kotak penalti. David Silva, yang menerima umpan tersebut, langsung membalikkan badan sambil menembak bola untuk menaklukkan Tom Heaton. 1-0 untuk City!

Tepat sepuluh menit kemudian, giliran Fernandinho yang menaklukkan Heaton lewat sepakan melengkung indah dari luar kotak penalti untuk menggandakan keunggulan. City terus mengincar gol ketiga di sisa 15 menit, namun beberapa upaya yang dilakukan Navas dan Milner masih mentah. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 untuk tuan rumah.

Babak Kedua

Sempat tertekan di sepanjang 45 menit pertama, Burnley tiba-tiba menghentak selepas jeda tatkala George Boyd sukses menyontek pelan crossing terukur Danny Ings. Meski dalam tayangan ulang posisi Boyd terlihat sedikit off-side, wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Tim tamu mampu memperkecil keadaan menjadi 2-1.

Gol tersebut membuat pasukan Sean Dyche semakin percaya diri menghadapi babak kedua. Di saat City yang tampil dominan kesulitan menembus sepertiga akhir lapangan, Burnley terlihat lebih sering mengancam setiap kali melakukan serangan balik dan tentu hal ini membuat was-was suporter tuan rumah.

Di pertengahan babak kedua, beberapa menit setelah sepakan Samir Nasri berhasil ditepis Heaton, Burnley mendapat peluang berbahaya ketika Ings melepaskan tembakan keras nan akurat yang masih bisa ditangkis Hart. City sendiri terus berupaya mengincar gol ketiga, tetapi lagi-lagi mereka terlihat kurang sigap setiap kali Burnley melakukan serangan.

Akibatnya, gol penyama yang ditakutkan tuan rumah benar-benar terjadi, tepatnya di menit 85. Berawal dari tendangan bebas dari tengah lapangan, Barnes menemukan celah dari hasil bola pantulan Michael Keane. Barnes pun langsung melepaskan tembakan kencang yang gagal dibendung Hart untuk mengubah skor menjadi 2-2! Hingga tambahan waktu lima menit berakhir, tak ada gol tambahan tercipta.

 

Susunan Pemain:

Manchester City: Hart, Zabaleta, Demichelis, Mangala, Kolarov, Fernandinho (Sinclair 88′), Fernando, Navas, Silva, Nasri (Lampard 76′), Milner (Jovetic 62′).

Cadangan: Caballero, Sagna, Boyata, Clichy.

Burnley: Heaton; Mee, Shackell, Keane, Trippier; Boyd, Jones, Marney, Arfield; Barnes, Ings

Cadangan: Gilks, Long, Sordell, Kightly, Jutkiewicz, Wallace, Chalobah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*