Di Rusia, Produk Apple mengalami kenaikan 35 persen

iphone-6-1

Kebijakan Apple Inc untuk kembali melayani penjualan produknya di Rusia melalui toko online diikuti dengan kenaikan harga jual sebesar 35 persen. Pekan lalu, Apple diketahui telah memutuskan untuk tidak lagi menjual produknya melalui toko rekanan secara offline di Rusia karena pelemahan nilai tukar rubel terhadap dolar Amerika Serikat.

Dikutip dari CNN, IPhone 6 yang pekan lalu bisa dibeli di Rusia dengan harga 39.990 rubel, sekarang harga jualnya mencapai 53.990 rubel atau naik 35 persen. Sementara harga jual iPad 2 Air dibanderol 37.490 rubel atau naik 31 persen dari harga sebelumnya.

Anjloknya nilai tukar rubel membuat perusahaan-perusahaan Amerika Serikat yang menjual produknya di Rusia tidak mendapatkan laba yang cukup ketika pendapatan rubel mereka dikonversi ke dolar. Jika tidak menaikkan harga jual, dikhawatirkan hal tersebut hanya akan menurunkan jumlah penjualan mereka. Apalagi sebelum krisis melanda Rusia, banyak produk Apple yang dijual secara online di Rusia dibanderol dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga jual di negara-negara lain.

Nilai rubel telah jatuh sejak awal bulan ini di tengah kekhawatiran runtuhnya harga minyak dan sanksi perdagangan dari negara-negara Barat yang menaikkan inflasi negara tersebut. Minyak adalah komoditas ekspor utama dan sumber utama pendapatan bagi Pemerintah Rusia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*