Jokowi Imbau Papua Bersatu Setop Konflik dan Perintahkan Menhub Jonan Segera Bangun KRL di Papua

jokowi-hadiri-natalSapujagat.com – Jokowi menghadiri perayaan Natal tersebut bersama istri, Iriana dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Ribuan masyarakat juga antusias mengikuti perayaan Natal nasional itu.

Dalam sambutannya, Jokowi ingin perayaan Natal di Papua mampu menyatukan masyarakat untuk berdamai.

“Yang di hutan, di gunung, semua mari bersatu berdamai hentikan konflik,” ujar Jokowi di Jayapura, Sabtu (27/12).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, setiap masalah harus diselesaikan dengan dialog. Untuk itu dia kembali berjanji akan datang ke Papua, minimal 3 kali dalam satu tahun.

Dalam kesempatan itu, Jokowi bercerita kalau dia juga diminta oleh ibu-ibu untuk merayakan tahun baru di Papua. Jokowi pun menyanggupinya.

“Tahun baru depan (2016) saya akan ke Papua,” kata Jokowi berjanji.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memerintahkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk studi pembangunan proyek Kereta Rel Listrik (KRL) di Papua. Dia berharap, studi tersebut bisa cepat selesai.

“Biar tahun depan studi kelar. Katanya studi memakan waktu enam sampai delapan bulan,” ujar kata Jokowi di GOR Waringin saat bertemu Barisan Relawan Presiden Jokowi (Bara JP) dan masyarakat, Jayapura, Sabtu (27/12).

Jokowi menegaskan usai studi kelar, dia juga telah meminta agar pembangunan rel kereta dimulai. “Dari kota di mana dimulai terserah yang penting cepat,” katanya.

“Jangan sampai pembangunan di tempat lain ada tetapi di Papua belum,” imbuhnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini meminta kepada Gubernur Papua, wali kota dan pemerintah setempat membantu pembebasan lahan untuk pembangunan kereta. Dia mengakui, kalau setiap pembebasan lahan selalu mentok.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*