Akhir Pekan Saatnya Turunkan Berat Badan

420_green_exercise

Sapujagat.com – Liburan sering kali menjadi musuh bagi orang-orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Makan sembarangan, tidur berlebihan, sedikit bergerak dan banyak lagi yang bisa menjadi perusak program diet.

Agar program Anda tidak berantakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan di akhir pekan atau saat liburan, seperti dilansir dari Livestrong, Sabtu (27/12):

1. Tetap bangun pagi

Tips  Agar Terbiasa Bangun Pagi1

Meski akhir pekan identik dengan bermalas-malasan di tempat tidur, tapi bila Anda tidak ingin merusak program diet sebaiknya tetaplah bangun pagi meski hari libur.

Bangun siang dan bermalas-malasan hanya akan membuat tubuh lemas dan tidak bertenaga. Cobalah tetap bangun pagi meski di akhir pekan. Anda bisa bangun lebih siang tapi sebaiknya tidak lebih dari 2 jam.

2. Jangan lupa sarapan

094501_diet

Tidak makan pagi sering dianggap sebagai taktik penurunan berat badan yang cukup efektif. Sayangnya, hal tersebut justru dapat merugikan tubuh, membuat Anda lebih banyak makan camilan yang tinggi kalori dan lemak.

Pilihlah sarapan yang sehat, yang mengandung beberapa komponen seperti biji-bijian, protein rendah lemak, susu rendah lemak dan buah-buahan segar dan sayuran. Kombinasi dari kelompok makanan yang menyediakan serat, protein, karbohidrat kompleks dan lemak tertentu, memungkinkan tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda ngemil atau makan berlebihan.

3. Tidak makan di restoran

say-no-to-junk-food

Makanan di restoran cenderung lebih tinggi kalori dan lemak, sehingga akan lebih sulit untuk mengontrol berapa banyak Anda makan. Sebelum akhir pekan dimulai, sediakan makanan sehat di kulkas dan lemari sehingga Anda tidak akan tergoda berbelanja makanan lain yang tidak ramah dengan berat badan.

4. Banyak minum air putih

7ea5606e6006edca77a6f4eee2d6531e

Minuman manis seperti soda, jus botolan, teh manis benar-benar dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Cobalah perbanyak minum air putih dan kurangi minum minuman manis, meski saat liburan.

5. Jangan lupa berolahraga

olahraga

Tidak punya waktu saat hari kerja sering menjadi alasan orang malas berolahraga. Jika memang begitu, akhir pekan seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk menggerakkan badan.

Saat akhir pekan seseorang akan memiliki waktu lebih banyak untuk berolahraga, untuk itu cobalah melakukannya di luar ruangan. Hal ini akan membuatnya merasa lebih energik, membakar lemak serta lebih cenderung untuk terus melakukannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*