Premier League : Manchester kokohkan peringkat ke 3 di kelasemen setelah menumbangkan Newcastle

MU

Wayne Rooney tampil impresif untuk menginspirasi kemenangan 3-1 Manchester United atas Newcastle United di Old Trafford dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris bertajuk Boxing Day, Jumat (26/12) malam WIB.

Kembali ditempatkan sebagai gelandang sentral, kapten United itu mencetak dua gol dan satu assist untuk membawa pasukan Louis van Gaal semakin menancapkan kukunya di urutan tiga klasemen sambil terus menjaga jarak sepuluh poin dengan sang pemuncak, Chelsea.

Babak Pertama

Manchester United langsung berinisiatif menyerang sejak menit pertama. Ini terbukti dengan sundulan Wayne Rooney di menit keempat yang masih ditepis Ben Alnwick, meski peluang tersebut terhitung off-side. Newcastle juga tak mau ketinggalan dengan Ayoze Perez sebagai pemain yang terlihat paling aktif menusuk pertahanan United.

Di menit 16, Van Persie yang berlari ke ujung kotak penalti nyaris membuka keunggulan, namun tembakannya dari sudut sempit hanya mengenai jaring gawang Newcastle sebelah luar. Tak lama berselang, David De Gea harus berjibaku untuk menggagalkan tembakan jarak jauh Darly Janmaat.

Jual beli serangan terus terjadi sampai tibalah counter attack berbahaya dari United di menit 23. Juan Mata memberikan umpan lambung kepada Radamel Falcao yang langsung mengirimkan bola ke tengah kotak penalti di mana Rooney berlari dari belakang kotak penalti. Kapten Setan Merah itu lantas menembak bola tanpa bisa dibendung Alnwick.

Tim tamu mencoba bangkit di pertengahan babak pertama, namun justru United yang memperbesar keunggulan di menit 36. Lagi-lagi Rooney berhasil menceploskan bola ke jala Newcastle usai menuntaskan umpan terobosan manis dari Mata. Keunggulan dua gol ini terbukti cukup bagi United untuk nyaman bermain di sisa waktu babak pertama.

Babak Kedua

Tertinggal dua gol membuat pasukan Alan Pardew berambisi mengincar gol cepat usai turun minum. Namun, rapatnya pertahanan United membuat mereka kesulitan menciptakan peluang berarti. Sebaliknya bagi United, meski mengendurkan tempo permainan, mereka tetap leluasa mengobrak-abrik pertahanan tim tamu.

Hasilnya, gol ketiga pun tercipta di menit 53. Rooney, yang di babak pertama sudah mengemas sepasang gol, kini mengarsiteki gol ketiga timnya. Umpan lambung yang dikirimkannya ke kotak penalti mampu ditanduk dengan sempurna oleh Van Persie. Skor 3-0 di awal babak kedua ini membuat United semakin santai menghadapi sisa laga.

Hal ini membuat Newcastle mampu beberapa kali mengancam gawang United, seperti tembakan setengah voli yang dilepaskan Adam Armstrong di menit 58. Peluang berikutnya lalu tercipta di menit 79 ketika aksi individual impresif Perez masih bisa digagalkan De Gea yang menepis tembakan bintang muda The Magpies itu menggunakan kakinya.

Serangan Newcastle akhirnya berbuah hasil di menit 86 ketika Jack Colback diganjal Phil Jones di kotak terlarang. Papiss Cisse yang menjadi eksekutor penalti dengan tenang menaklukkan De Gea untuk memperkecil keadaan. Hingga injury time empat menit tuntas, skor 3-1 untuk kemenangan United tidak berubah.

 

Susunan Pemain:

Manchester United (3-4-1-2): De Gea; Jones, McNair, Evans; Valencia (Rafael 80′), Carrick (Fletcher 62′), Rooney, Young; Mata; van Persie, Falcao (Wilson 65′).

Cadangan: Lindegaard, Smalling, Blackett, A.Pereira

Newcastle United (4-2-3-1): Alnwick; Janmaat, Coloccini, S.Taylor, Dummett (Cabella 63′); Colback, Anita; Sissoko, Perez (Vuckic 82′), Gouffran; Armstrong (Cisse 63′).

Cadangan: Woodman, Williamson, Satka, Riviere.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*