Pujian Diberi UNICEF Untuk Aceh Pasca ‘Diratakan’ Tsunami 10 Tahun Lalu

blog-aceh-1_0

Sapujagat.com – UNICEF memberikan pujian kepada rakyat Aceh atas ketahanan serta keberhasilan mereka dalam upaya bangkit dari kehancuran pasca bencana yang telah meratakan kotanya.

Bagi UNICEF, operasi kemanusiaan sebagai upaya tanggap darurat kala itu patut diacungi jempol. Organisasi di bawah bendera PBB itu juga tidak tinggal diam, mereka bergerak cepat seperti menyelamatkan anak-anak dari kematian dan berbagai penyakit, membantu memulihkan trauma, mengajak mereka kembali bersekolah serta mempertemukan dengan keluarga atau kerabatnya kembali.

“Banyak pelajaran yang telah dipetik dari upaya membangun kembali dengan lebih baik, yang telah diaplikasikan dalam upaya tanggap darurat lainnya. Indonesia sekarang menjadi yang terdepan di kawasan ini dalam mempromosikan pengurangan risiko bencana,” lanjut Olsson.

“Upaya rakyat Aceh yang luar biasa untuk membangun kembali dengan lebih baik apa yang telah dihancurkan oleh gelombang tsunami, dengan dukungan masyarakat internasional, telah memberikan hasil yang besar. Rekonstruksi berdasarkan prinsip ‘Membangun dengan Lebih Baik’ telah memberikan kesempatan yang lebih baik bagi anak-anak untuk tumbuh sehat dan mengembangkan potensi mereka,” kata Kepala Perwakilan UNICEF di Indonesia, Gunilla Olsson, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (25/12/2014).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*