Lawan Newcastle di Boxing Day, Van Gaal andalkan Rooney lagi

Manchester United v Swansea City - Premier League

Wayne Rooney sepertinya harus kembali “berkorban” saat Manchester United melakoni laga Boxing Day kontra Newcastle United. Pelatih Louis van Gaal mengindikasikan akan kembali memainkannya di posisi yang bukan posisi idealnya.

Rooney bermain sebagai deep-lying midfilder (gelandang bertahan) saat United bermain imbang 1-1 kontra Aston Villa akhir pekan lalu, yang menjaga rekor tidak terkalahkan “Setan Merah” dalam tujuh pertandingan terakhir.

Peran itu diinstruksikan Van Gaal saat United tertinggal 0-1. Meneer Belanda itu mengubah pola pemainannya menjadi 3-4-3, dengan Rooney berperan di lini tengah, sebagai pembaca permainan dan otak serangan yang mengalirkan bola ke Radamel Falcao, Robin van Persie, dan Juan Mata. Hasilnya, United bisa mencetak gol balasan dan terhindar dari kekalahan.

Melihat performa Rooney yang dinilai cukup apikĀ  dalam memainkan perannya sebagai gelandang, Van Gaal berencana kembali melakukannya saat United menjamu Newcastle di Old Trafford, Jumat 26 Desember 2014 malam WIB.

Hal ini sekaligus memberikan ruang bagi Radamel Falcao yang mulai menunjukkan ketajamannya, untuk berduet dengan Van Persie di lini depan.

“Melawan Aston Villa, dia (Rooney) bermain lebih dari seorang gelandang bertahan. Tapi dia punya kemampuan untuk berlari dari satu area ke area lain – Itu artinya dia harus merasakan pertandingan, membaca pertandingan, dan ia mampu melakukannya,” ujar Van Gaal.

“Itu hanya persoalan waktu, dan saya yakin dia bisa melakukannya,” lanjutnya.

Lebih jauh, Van Gaal juga menjelaskan alasan di balik keputusannya meliburkan sesi latihan pada hari Natal.

“Saya sudah mengubah kebijakan itu, saya memberikan mereka waktu bebas dan merayakan Natal bersama keluarga. Kami harus kembali berlatih bersama di Aon Training Complex di hari berikutnya,” imbuhnya.

United saat ini tengah dalam grafik dengan mencatatkan rekor tujuh laga tidak terkalahkan (6 di antaranya menang), sedangkan armada The Magpies justru sebaliknya. Pasukan Alan Pardew kalah di tiga laga terakhir. Meski begitu, Newcastle tak bisa diremehkan karena pada musim lalu United dipaksa bertekuk lutut di Old Trafford lantaran kalah 0-1.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*