Cara Pertahankan Berat Badan Setelah Berat Badan Turun

101352_620

Sapujagat.com – ┬áSetelah berat badan turun lantas bagaimana cara untuk mempertahankannya dalam jangka waktu lama pasca diet?

Pakar obesitas dari Fortis Jessa Ram Hospital, dr Sukhvinder Singh Saggu, menyebutkan bahwa kunci utama dalam mempertahankan berat badan adalah dengan cara tetap aktif bergerak. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan pembakar kalori. Jumlah kalori yang dibakar rata-rata per hari idealnya adalah 2.000 untuk pria dan 1.600 untuk wanita.

“Misalnya mencuci mobil selama 30 menit itu membakar sekitar 300 kalori, kemudian naik dan turun tangga membakar 100 kalori,” ujar Saggu.

“Jauhi minuman dan makanan yang bergula tinggi, misalnya minuman soda. Jika sedang ingin mengonsumsi minuman bercita rasa manis, Anda bisa minum air perasan lemon, jus buah tanpa gula atau teh tawar. Minuman bergula dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung,” paparnya.

Ahli jantung dari Mayo Clinic, David Holmes, MD sependapat bahwa langsung tidur setelah makan malam dapat meningkatkan risiko stroke. Namun untuk memastikannya, butuh penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel yang lebih besar.

“Saat kita makan, kadar gula darah berubah, kolesterol berubah dan aliran darah juga berubah. Semua itu memengaruhi risiko stroke,” ungkap Holmes seperti dikutip dari Web MD, Kamis (25/12/2014).

Untuk makan malam, hindari melakukannya menjelang tidur ya. Lebih baik sediakan jeda waktu sekitar dua jam atau lebih setelah makan untuk tidur.

penting untuk ‘ditanamkan’ pada pikiran Anda bahwa ini adalah untuk rencana jangka panjang. Jangan mengharapkan berat badan bisa turun drastis, yang penting berat badan tetap terjaga dan tak cepat naik secara tiba-tiba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*