Ups, anda gemar memakan daging babi ? Hati – hati dapat menimbulkan 6 masalah kesehatan ini

babi

Selain daging sapi dan daging ayam, daging babi menjadi salah satu jenis daging yang sering dikonsumsi. Sebab selain memiliki rasa yang lezat, daging babi memiliki tekstur daging yang unik.

Namun daging babi bisa rentan terkontaminasi bakteri dan virus yang terjadi selama pemotongan hewan dan penjualannya. Hal tersebut kemungkinan besar berpotensi buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah risiko kesehatan dari makan daging babi yang wajib untuk Anda ketahui seperti dilansir dari healthmeup.com.

  • Daging babi termasuk jenis daging yang sulit untuk dicerna. Bahkan satu porsi daging babi tanpa lemak membutuhkan waktu 6 jam untuk dicerna. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka mampu menyebabkan masalah pencernaan.
  • Babi mencerna makanan mereka dalam waktu 4 jam sehingga sebagian besar racun yang seharusnya dikeluarkan dalam tubuh disimpan di dalam jaringan lemak mereka. Babi juga tidak memiliki kelenjar keringat dan berarti babi tidak memiliki saluran untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Kandungan jenis lemak jenuh babi sangatlah tinggi. Jenis lemak mereka bahkan dapat bereaksi dengan fruktosa atau alkohol yang dapat menyebabkan penyakit hati.
  • Babi membawa sejumlah parasit dalam tubuh mereka. Bahkan parasit ini sulit mati ketika daging babi dimasak. Parasit ini tidak ikut terbunuh dan mampu memasuki tubuh Anda.
  • Trichinellosis adalah penyakit serius yang disebabkan karena Anda mengonsumsi parasit cacing yang ditemukan di dalam otot babi. Trichinellosis mampu menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, demam, nyeri otot, masalah jantung, dan masalah pencernaan.
  • Daging babi juga membawa parasit dan virus seperti virus hepatitis E, cacing pita Taenia solium, PRRS (Porcine Reproductive dan Respiratory Syndrome), virus Nipah, dan virus Menangle yang mampu menyebabkan masalah kesehatan serius.

Itulah serangkaian masalah kesehatan yang bisa terjadi ketika Anda makan daging babi. Untuk meminimalisir dampaknya, sebaiknya selalu pastikan daging babi yang Anda konsumsi sangat segar serta masak dengan baik dan benar-benar matang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*