Pembalasan, Internet Korea Utara mati total di serang Amerika ?

DDoS_Attacks

Menurut analis jaringan Dyn Research, internet Korea Utara dinyatakan mati total Senin kemarin (22/12) selama 9 jam 31 menit. Sampai saat ini pun masih belum jelas siapa dalang di balik putusnya sambungan internet di seluruh negara tersebut.

Matinya akses internet di Korea Utara diketahui akibat dari serangan virus DDoS kompleks, dan virus jenis itu hanya mampu dibuat oleh seorang hacker berpengalaman. Akibat hacking itu, sekitar 1.024 alamat IP di Korea Utara tidak bisa mengakses dunia maya.

Korea Utara akhir-akhir ini kerap diperbincangkan di sosial media akibat aksi hacking yang dilakukannya pada Sony Pictures terkait film ‘The Interview’. Nah, saat kabar tersebut masih menjadi bola panas, internet di negara Komunis itu justru dilaporkan mati akibat serangan virus.

Namun dari kabar yang berhembus di berbagai media dunia, saat ini pelaku dituding berasal dari China atau Amerika. Amerika ditengarai melakukan balas dendam akibat aksi hacking Korea Utara terhadap Sony Pictures. FBI sendiri sudah menyatakan bila serangan hacker Sony berasal dari negara yang dipimpin oleh Kim Jong-Un itu.

Akan tetapi, salah satu petinggi lembaga penelitian keamanan internet Arbor Networks bernama Dan Holden justru mengaku Amerika bukanlah dalangnya, sebab serangan itu masih tergolong kecil.

“Jika pemerintah Amerika pelakunya, pasti serangan yang dilakukan tidak akan mencolok dan akan jauh lebih parah dari sekedar mematikan internet di seluruh negara,” ujar Dan Holden pada Bloomberg, Mashable (22/12).

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*