Anak Jackie Chan terancam di Penjara karena kasus Narkotika

jackie-chan-and-his-son-jaycee-chan_0

Seperti diberitakan Reuters, itu disampaikan jaksa penuntut umum pada Senin (22/12). Melalui situs resminya, Pengadilan Tinggi Rakyat Tiongkok menjelaskan, proses melawan Jaycee karena kejahatan melindungi orang lain menggunakan obat-obatan, telah dimulai. Tidak dijelaskan detail soal tuntutan terhadapnya.

Jaksa penuntut umum di Tiongkok telah secara resmi memutuskan bahwa Jaycee Chan, anak master film kung fu Jackie Chan, bersalah atas penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Hukumannya akan segera diputuskan di meja hijau.

Diketahui, Jaycee tertangkap dan dipenjara di Beijing sekitar Agustus tahun ini. Bersama aktor dan penyanyi 32 tahun itu, polisi menemukan 100 gram obat-obatan di rumahnya. Saat dites oleh pihak berwajib, ia juga positif mariyuana. Kala itu, ia bersama aktor Taiwan, Ko Kai. Kai juga dinyatakan positif mariyuana.

Aktor bernama asli Ko Chen itu dilepaskan setelah dua minggu penahanan. Sementara Jaycee masih ditahan karena kasusnya lebih serius.

Itu bagai ironi, sebab sang ayah merupakan pembicara untuk Komite Nasional Anti Obat-obatan Terlarang di Tiongkok pada 2009. Bintang film laga itu getol mengampanyekan edukasi soal obat-obatan terlarang. Agustus lalu, Jackie sudah menyampaikan permohonan maaf pada publik.

“Sehubungan dengan kasus yang menimpa anak saya, Jaycee. saya merasa sangat marah dan sangat terkejut. Sebagai figur publik, saya sangat dipermalukan. Sebagai ayah, saya terluka,” ungkapnya melalui situs pribadi.

Jackie melanjutkan, “Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk berkata pada Jaycee: ‘Kamu telah melakukan sesuatu yang salah dan harus bertanggung jawab atas konsekuensinya. Saya ayahmu, dan akan selalu bersamamu. Kita akan menghadapi jalan di depan bersama’.”

“Saya juga merasa bertanggung jawab sebagai ayahnya, saya tidak mengajarnya dengan baik. Karena itu, atas nama Jaycee dan saya sendiri, saya mengungkapkan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya untuk semua orang atas dampak negatif kasus ini pada publik,” imbuhnya.

Penangkapan Jaycee berkaitan dengan komitmen Presiden Xi Jinping yang disampaikan sekitar Juni lalu. Ia bertekad keras untuk mengenyahkan persoalan narkotika dari Tiongkok.

Selain Jaycee, beberapa bulan terakhir pihak berwajib Tiongkok juga sudah menangkap deretan selebriti yang ada dalam daftarnya terkait penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Yang mereka tangkap, termasuk bintang film dan televisi, sutradara, bahkan penulis skenario.

Tersangka penyalahgunaan obat-obatan di Tiongkok bisa menghadapi hukuman mati atau penjara seumur hidup, jika kasusnya gawat. Mengutip People, Jaycee mungkin harus dipenjara penjara selama lebih dari tiga tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*