Ribuan Rumah Terendam di Sumut Akibat Banjir

20141013_210103_kawasan-langganan-banjir-di-medanSapujagat.com– Di sejumlah kawasan di Sumatera Utara (Sumut), Jumat (19/12/2014) terjadi hujan yamg deras dan  memicu banjir. Kawasan yang terpapar banjir itu mencakup ribuan rumah di Kabupaten Deli Serdang, Langkat dan Kota Medan.

Di Deli Serdang, banjir melanda beberapa dusun di Desa Sampali, dan Desa Saentis di Kecamatan Percut Sei Tuan, serta Desa Pematang Johar di Kecamatan Labuhan Deli. Ketinggian air bervariasi antara 10 sentimeter hingga satu meter lebih.

“Air sudah mulai masuk rumah sejak sekitar jam satu pagi, terus makin tinggi sampai pagi ini,” kata Jumirin (52), warga Desa Sampali, Deli Serdang.

Banjir ini, kata Jumirin, dipicu hujan deras yang turun seharian sejak Kamis (18/12) hingga Jumat dinihari. Air yang tidak kunjung surut, membuat Jumirin khawatir, dia mengevakuasi ternak kambing miliknya ke rumah saudara yang aman dari banjir.

Di Kabupaten Langkat, banjir melanda itu melanda sejumlah desa di Kecamatan Stabat dan Tanjung Pura. Banjir itu bersumber dari luapan Sungai Wampu. Ketinggian air mencapai lebih dari satu meter di beberapa titik.

Sedangkan di Medan, banjir itu melanda Kelurahan Tanah Enam Ratus di Kecamatan Medan Marelan, Kelurahan Mabar Hilir di Kecamatan Medan Deli dan Kelurahan Martubung di Kecamatan Medan Labuhan. Banjir yang dipicu hujan lebat dan drainase yang buruk itu menyebabkan rumah-rumah warga terendam hingga lebih dari satu meter.

Tidak ada laporan korban dari banjir yang melanda ribuan rumah di tiga kabupaten dan kota tersebut. Sementara penanganan bencana di lokasi belum terlihat dilakukan pemerintah setempat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*