Putri Jokowi tak lolos CPNS, Lantaran Hanya Dapat Skor 300

KAHIYANG AYU PUTRI JOKOWI IKUT TES CPNSSapujagat.com – Nama putri Jokowi tersebut tak tercantum di papan pengumuman yang dipasang di depan Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo, Jumat (19/12). Dipastikan Kahiyang Ayu, putri presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak lolos dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di lingkungan pemerintah kota (Pemkot) Solo.

Sekretaris Pelaksana Tes CPNS Pemkot Solo, yang juga Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Lancer S Naiboho mengatakan, berdasarkan data di layar yang menampilkan hasil ujian CPNS, usai seleksi CPNS di gedung Bakolwil, Graha Solo Raya, Jalan Slamet Riyadi, Kamis (23/10) lalu, Kahiyang hanya mendapatkan skor 300.

Dari total nilai tersebut, nilai Wawasan Kebangsaan hanya mendapat 50, jauh dari standar seharusnya 75. Padahal untuk standar kelulusan menjadi PNS harus memenuhi standar seperti tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes karakteristik pribadi.

“Dengan nilai itu posisi Kahiyang Ayu dalam tes CPNS, sebenarnya sejak awal sudah diketahui belum berada di zona aman. Skor tertinggi dalam penerimaan CPNS ini adalah 450 – 500. Angka yang diperoleh putri presiden belum bisa memenuhi syarat,” katanya.

Secara berurutan skor yang diperoleh Kahiyang adalah sebagai berikut, 50, 95 dan 155. Menurut Lancer tidak lolosnya Kahiyang sudah dapat dilihat usai ujian selesai dilakukan. Semua peserta bisa mengukur lolos tidaknya dengan membaca hasil seleksi yang menggunakan Computer Assisted Tes (CAT).

Putri Jokowi merupakan lulusan jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Adik Gibran Rakabuming Raka ini mendaftar di formasi Pemeriksa Pertama di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Formasi ini membolehkan semua jurusan untuk mendaftar. Sebanyak 4 formasi diperebutkan oleh sekitar 2.500 pelamar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*