Ini Lah Alasan Kenapa SMS hanya di batasi 160 Karakter saja !

sms_message

SMS (short message service) merupakan layanan bertukar pesan antara satu dengan yang lainya. SMS dapat kita lakukan dengan menggunakan ponsel. SMS ini akan tersampaikan melalui jaringan nirkabel, sehingga kita tidak direpotkan untuk menggunakan kabel. SMS ini dapat kita lakukan pada semua jaringan dan bahkan mempunyai sinyal karena SMS ini hanya menghasilkan penyimpanan 140 byte saja.

Namun pernahkah anda berfikir mengapa panjang 1 SMS dibatasi hanya 160 karakter ? Mungkin anda tidak akan pernah berfikir akan hal tersebut, coba anda lihat bagian atas papan ketikan SMS anda pasti disana akan tertera 0/160 atau batasan karakter SMS hanya sampai pada angka 160 saja.

Melalui harian LA Times melakukan sebuah investigasi mengenai pembatasan karakter SMS ini, karakter SMS hanya sampai 160. Dan akhirnya setelah beberapa tahun menyelidiki LA Times telah mempu menemukan alasan mengapa panjang 1 SMS dibatasi hanya 160 karakter saja.

6a00d8341c630a53ef011570645018970b
LA times menyimpulkan bahwa yang paling bertanggung jawab soal pembatasan ini adalah Friedhelm Hillebrand. Orang berdarah Jerman ini memang tidaklah terkenal dan kaya karena telah mengembangkan standar dasar SMS, namun dia adalah satu satunya orang yang berada pada pembatasan tersebut.

Ketika Friedhelm Hillebrand mencoba menyelidiki maksimal pembuatan suatu text message. Dia kebanyakan menulis kurang dari 160 karakter saja. Friedhelm Hillebrand kemudian menetapkan angka 160 ini sebagai angka standar penulisan suatu pesan pendek atau SMS. Dia memiliki wewenang untuk melakukan pembatasan ini karena dia adalah pimpinan dari nonvoice services committee of the Global System for Mobile Communications Group pada 1986. Memang kisah ini sudah terjadi cukup lama sekali namun gaungnya masih terasakan sampai saat ini.

Pembatan karakter SMS ini dijadikan TOS (term of service)untuk pembuatan aplikasi SMS pada ponsel apapun. Anda tidak akan bisa membuat pesan yang mempunyai karakter lebih dari 160 menggunakan SMS. Karena pada dasarnya SMS ini merupakan pesan pendek jadi bagi yang menggunakan SMS juga harus menyampaikan pesan pesan yang pendek pula. Selain itu SMS juga menggunakan pulsa agar dapat berjalan dengan baik. SMS merupakan sebagian kecil dari ribuan alat penyampaian pesan. Jika anda ingin menyampaikan pesan dengan panjang lebar anda bisa menggunakan fasilitas E-mail (electronic mail).

Hal kecil seperti pembatasan karakter 1 SMS sama dengan 160 karakter saja mungkin selama ini tidak membuat masalah yang besar, namun jika anda menyelidikinya secara mendalam anda akan mendapatkan nilai sejarah yang besar. Banyak sekali hal sepele yang mempunyai nilai sejarah yang besar. Jadikan sejarah itu sebagai pengalaman anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*