200 Anak Rentan Putus Sekolah, Risma Gandeng Seluruh Perguruan Tinggi di Surabaya

risma-dan-korea-universitySapujagat.com – Di Surabaya, di Tahun 2014 ini, tercatat ada sekitar 200 anak rentan dan putus sekolahWali Kota Surabaya, Jawa Timur, Tri Rismaharini, gandeng seluruh perguruan tinggi (PT) yang ada di Kota Pahlawan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo. Menurut Supomo, Wali Kota Risma ingin memberi perhatian penuh kepada anak-anak putus sekolah yang ada di Surabaya.

“Nanti kita akan bekerja sama dengan kampus-kampus yang ada di Surabaya ini. Satu anak putus sekolah yang rentan, akan didampingi oleh satu mahasiswa,” terang Supomo di Bali Kota Surabaya, Rabu (17/12).

Dikatakan Supomo, sebelum program pendampingan anak putus sekolah rentan ini dilakukan, pihak Pemkot Surabaya melakukan pendataan akurat yang diambil melalui kecamatan-kecamatan di Surabaya.

Dari data yang kita peroleh, lanjut Supomo, sepanjang Tahun 2014 ini saja, tercatat ada sekitar 200 anak yang masuk kategori rawan dan putus sekolah.

“Sehingga, jika ada 200 anak putus sekolah, maka mahasiswa yang akan melakukan pendampingan juga ada 200 mahasiswa. Sebab, satu anak akan didampingi satu mahasiswa,” paparnya.

Model pendampingannya, kata Supomo, si pendamping mengajak anak asuhnya untuk menggelar belajar bersama. Intensitas pertemuan antara pendamping dan yang didampingi, diserahkan langsung ke para mahasiswa yang direkrut, untuk mengatur jadwalnya masing-masing.

“Kemudian si pendamping juga diharuskan bisa memotivasinya anak didiknya itu, serta memberikan bekal keterampilan, agar si anak tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif. Jadwal pertemuannya terserah, karena si mahasiswa memiliki konsep sendiri-sendiri untuk mengaturnya,” tandas Supomo.

Pemkot Surabaya juga akan memberi apresiasi kepada para mahasiswa yang menjadi pendamping anak putus sekolah, dengan penghargaan Social Enterpreneur 2014. Penghargaan ini, diberikan langsung oleh Wali Kota Risma kepada para mahasiswa yang ikut berperan aktif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*