Penutupan Pasar Hari Ini, Dollar Melemah Rp 12.645 Yang Sebelumnya Rp 12.926

rupiahSapujagat.com– Kurs dolar Amerika Serikat (AS) saat penutupan pasar hari ini berada di posisi Rp 12.645. Melemah dibandingkan saat pembukaan pasar yaitu Rp 12.705.

Perjalanan rupiah hari ini cukup berliku. Begitu pembukaan pasar, rupiah bergerak dalam tren melemah. Puncaknya, dolar AS sempat menguat di posisi Rp 12.926.

Namun selepas tengah hari, dolar AS perlahan melemah. Posisi terlemah dolar AS hari ini ada di Rp 12.635.

“Kami berada di pasar memantau dan melakukan intervensi di valas. Itu tugas kami agar pergerakannya sejalan dengan fundamental dan penguatan dolar tetap terjaga,” jelas Perry Warjiyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Mirza Adityaswara, Deputi Gubernur Senior BI. Dia menyatakan bahwa bank sentral terus aktif masuk ke pasar.

“Menghadapi tekanan di pasar keuangan, kami aktif masuk ke pasar untuk memberikan suplai valas. Kami masuk ke pasar SBN (Surat Berharga Negara), aktif melakukan intervensi. Ini untuk stabilisasi pasar keuangan,” jelasnya.

Perry mengakui, intensitas tekanan rupiah saat ini memang besar. Oleh karena itu, BI pun meningkatkan intensitas intervensi agar pergerakan rupiah terjaga.

“Sekarang kurang lebih (dolar AS) Rp 12.700, mulai agak stabil di situ. Kami tetap berkoordinasi dengan pemerintah,” tutur Perry.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*