Tips buat kamu !! Pilih Micro SD class 6 atau 10 yah ?

partisi-micro-sd-android-300x236

Setelah membeli sebuah smartphone, tugas seorang pengguna tidak berhenti di situ saja. Ada satu hal lagi yang harus dilakukan, yakni memilih media penyimpanan tambahan yang pas untuk smartphone baru tersebut.

Hampir semua smartphone saat ini menyediakan slot kartu microSD sebagai media penyimpanan tambahan. Kartu microSD biasanya mutlak dibutuhkan untuk smartphone-smartphone yang mempunyai memori internal terbatas, misalnya 4 GB dan 8 GB.

Sayangnya, banyak pengguna smartphone yang sering kebingungan membeli kartu microSD yang cocok, selain karena harga hal itu disebabkan oleh perbedaan ‘Class’ atau tingkat kecepatan dari si microSD.

Kartu microSD yang ada di pasaran di bagi menjadi empat kelas, yakni 2,4,6, dan 10. Dan seperti yang Anda perkirakan, kartu microSD Class 10 adalah yang tercepat, dan Class 2 adalah yang paling lambat.

Namun Anda tidak serta merta harus membeli kartu memori Class 10 untuk smartphone. Sebab, pada dasarnya kartu microSD Class 4 dan 6 pun cocok dipakai di smartphone dan mempunyai kecepatan yang cukup menjanjikan. Baik microSD Class 4 dan 6 juga sudah bisa dipakai untuk merekam video berkualitas HD dan kegiatan transfer data lainnya.

Di sisi lain, kartu microSD Class 10 sejatinya didesain untuk pengguna gadget profesional seperti fotografer. Karena kartu memori itu memang ideal untuk merekam video dengan kualitas Full HD dan foto-foto berbentuk RAW.

Oleh sebab itu, bila smartphone Anda tidak didesain untuk merekam video berkualitas Full HD, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli kartu microSD Class 10.

Akan tetapi berbeda kasusnya saat Anda pengguna yang doyan melakukan aktivitas semaksimal mungkin seperti gaming, pekerjaan kantor, atau hiburan di smartphone. Kartu microSD Class 10 adalah pilihan yang tepat. Dengan kecepatan transfer data hingga 10 Mbps, bemain game akan semakin lancar dan tanpa lag, begitu juga dengan memainkan video atau film lewat microSD.

Anda juga bisa melirik kartu microSD jenis terbaru, yaitu UHS (Ultra High Speed). Kartu memori jenis ini mempunyai kecepatan yang lebih dahsyat dari microSD Class 10. Namun, harga yang ditawarkan untuk kartu microSD UHS pun lebih mahal dari microSD biasa.

Sementara untuk kapasitas penyimpanan sendiri, angka 8 atau 16 GB adalah kapasitas standar yang dapat memaksimalkan potensi dari smartphone Anda. Harga dari kartu microSD 8 dn 16 GB pun tidak terlalu mahal, bahkan yang jenis UHS pun hanya sekitar Rp 150 ribuan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*