Setelah terkubur sekian lama ! Film Disney yang hilang sejak tahun 1927 akhirnya di temukan

oswald_sees_empty_socks_poster_by_ozzyguy-d5iy7ow

Sebuah salinan dari film produksi Disney yang berjudul EMPTY SOCKS berhasil ditemukan di Norwegia. Padahal film Natal pertama Disney tersebut sudah lama hilang sejak tahun 1927.

Penemuan tersebut terjadi saat Perpustakaan Nasional Norwegia melakukan pendataan inventori di Mo i Rana, beberapa waktu lalu. Saat petugas menemukan salinan film tersebut, mereka tak tahu bahwa barang tersebut adalah harta karun yang tak ternilai harganya dalam perfilman.

emptysocks1

“Mulanya kami tak tahu bahwa ini adalah harta karun perfilman yang telah lama hilang,” ujar petugas Perpustakaan Kvale Soerenssen. Yang ia tahu benda tersebut berupa dua reel film yang tak dilabeli.

Versi asli dari EMPTY SOCKS hanya berdurasi sekitar 5 menit 30 detik panjangnya. Sayang tiga puluh detik di tengah filmnya hilang entah kemana. Bagi yang belum tahu, film animasi pendek tersebut dibintangi oleh Oswald Lucky Rabbit, tokoh Disney yang diciptakan sebelum Mickey Mouse. Tokoh satu ini telah muncul dalam 26 film Disney pada saat itu.

Sebelum penemuan ini, satu-satunya salinan film dari EMPTY SOCKS adalah film berdurasi 25 detik yang disimpatn di Museum of Modern Art, New York. Dengan penemuan ini, niscaya harta karun peninggalan Walt Disney akan semakin kaya.

empty_socks_by_big_mex-d61fmnb

Bersamaan dengan penemuan film tersebut, Perpustakaan Nasional Norwegia juga menemukan salinan Oswald lainnya yang berjudul TALL TIMBER (1928). Kedua salinan tersebut masih disimpan di Norwegia, tapi versi digitalnya sudah dikirim ke Walt Disney Company.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*