Honda Jadi Tunggangan Baru McLaren Tahun Depan

MSapujagat.com– Selama dua dekade terakhir McLaren setia dengan mesin pabrikan Jerman, Mercedes.

Duet mantan juara dunia yang akan berkompetisi untuk McLaren tahun depan akan menandai awal sejarah baru bagi tim balap Formula Satu (F1) asal Inggris itu. Musim depan akan menjadi era baru McLaren bersama Mesin yang disuplai Honda.

Namun, tahun depan bukanlah untuk pertama kali McLaren memakai Honda. Mesin pabrikan Jepang itu pernah membawa McLaren merajai balap di dasawarsa 1980- awal 1990-an.

Terakhir kali McLaren menggunakan Honda sebagai mesin balap pada seri grand Prix Australia 1992. Saat itu McLaren menjadi juaranya.

Mengakhiri musim balap 2014 pada November lalu kenangan itu kembali dibuka di Silverstone, Inggris. Mclaren memutar rekaman kenangan sekaligus mengenalkan mobil baru untuk tahun depan MP4-29H/1X1. Mobil itu sudah dicoba sebagian di Abu Dhabi, Qatar. namun hasilnya tak maksimal. Dua kali jadwal didapat, dua kali pula uji coba gagal karena persoalan elektrik.

Seperti dilansir dari McLaren, uji coba penuh akan dilakukan pada Februari nanti. Ketegangan, pesimistis, dan optimistis bercampur aduk dalam tim yang dipimpin Ron Dennis tersebut.

Direktur balap McLaren, Eric Boullier menyatakan mesin baru Honda menyimpan potensi yang besar bagi timnya untuk kembali meniti titel Juara Dunia.

Seperti dilansir Sky Sport, Boullier menyatakan hasil dua tes di Abu Dhabi telah menunjukkan kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi. McLaren, lanjutnya, sedang berada pada jalur takdir yang benar.

“Hal-hal ini belum bisa saya jawab sekarang. Tetapi, dari perkembangan yang terus saya perhatikan, saya dapat mengatakan kami lebih berani (berkompetisi) sekarang,” katanya usai uji coba di Abu Dhabi.

Boullier tak memerinci lebih jelas mengenai mesin honda yang terbaru. ia hanya menyatakan persoalan-persoalan fundamental untuk penyesuaian dan pengembangan mesin turbo V6 Honda itu akan dapat dilihat pada ujicoba penuh Februari tahun depan di Jerez.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*