Tiga Orang Tewas Akibat Badai Pasifik di California

banjir-lumpur-california-isolasi-500-anak-anak-di-dalam-gereja-76aaSapujagat.com – Dilansir Reuters, Sabtu (13/12/2014), ratusan rumah warga terpaksa dievakuasi, sedangkan ratusan rumah lainnya rusak akibat bencana alam ini. Satu orang ditemukan tewas pada Jumat (12/12) waktu setempat di wilayah Garden Grove, Orange County yang dilanda banjir akibat hujan deras yang terus melanda di tengah badai.

Dengan demikian total ada tiga orang yang tewas dalam serangkaian insiden yang dipicu badai di Southern California sejak Kamis (11/12) waktu setempat. Dua korban tewas lainnya berasal dari wilayah Oregon, dalam insiden terpisah.

Dalam kesempatan berbeda, tim penyelamat berhasil menyelamatkan dua orang yang tersapu arus deras Los Angeles River dekat penampungan gelandangan setempat.

Angin kencang menumbangkan tiang listrik dan memutus kabel listrik di wilayah tersebut. Sedikitnya 78 ribu warga tidak mendapat aliran listrik di rumahnya.

Dalam fenomena yang tidak biasa bagi Southern California, angin tornado kecil menerjang wilayah Los Angeles bagian selatan. Tornado ini merusak atap rumah sejumlah kompleks apartemen setempat serta rumah warga setempat.

Ahli cuaca dari Badan Prakiraan Cuaca Nasional, Stuart Seto menyatakan, tidak ada laporan korban jiwa akibat topan ini. Tornado ini, menurut USTornadoes.com, merupakan yang pertama muncul di Los Angeles sejak tahun 2004 lalu.

Badai yang sama melanda wilayah Pacific Northwest dan sebagian California bagian utara pada Kamis (11/12) waktu setempat, dengan membawa hujan deras dan angin super kencang yang memicu terputusnya aliran listrik dan mengganggu jadwal penerbangan di wilayah San Francisco.

Sedangkan tanah longsor, atau yang didominasi lumpur, melanda wilayah Camarillo Springs, Los Angeles bagian utara pada Jumat (12/12). Longsoran lumpur membanjiri daerah perbukitan di wilayah tersebut.

Otoritas setempat memerintahkan evakuasi pada lebih dari 100 rumah yang berisiko longsor. Puluhan rumah di wilayah tersebut hancur akibat longsor dan sedikitnya 10 rumah lainnya tidak bisa dihuni. Bahkan tumpukan bebatuan tertinggal di atap-atap rumah setempat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*