Saat di Seol, Jokowi Punya Mimpi Sungai-Sungai di Indonesia Indah Seperti di Kota Seoul

121014_presiden_tiba_di_busanSapujagat.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempelajari cara Presiden Park Geun-Hye menata sungai-sungai di Seoul. Menurut Jokowi, pembersihan sungai di Korsel dilakukan secara berkesinambungan, bukan dengan proyek bongkar tutup.

“Tapi sudah direncanakan dalam puluhan tahun, hasilnya sungai-sungai yang membelah kota seakan menjadi kanal-kanal cantik seperti di Amsterdam. Saya ingin sungai-sungai di Jakarta seperti di Seoul,” kata Jokowi dalam Facebook, Sabtu (13/12).

Berbicara soal sungai, Jokowi teringat saat dirinya masih sebagai gubernur DKI Jakarta blusukan ke Sungai Ciliwung bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Di sana, Mega bercerita kondisi sungai di era Presiden Soekarno.

“Bu Mega cerita Sungai Ciliwung amat bersih saat beliau masih remaja, bahkan Bung Karno kerap membawa oleh-oleh salak condet yang tersohor itu ke Istana dimana Bu Mega dengan riang menerima oleh-oleh ayahanda-nya, buah salak khas Condet banyak tumbuh di bantaran sungai Ciliwung,” tulisnya.

Namun kondisi tersebut berbanding terbalik dengan realita saat ini. Jokowi mengingatkan sudah saatnya membenahi sungai-sungai yang membelah kota DKI itu.

“Semasa saya menjadi Walikota di Solo saya sudah membereskan sungai-sungai di kota Solo, namun saya belum puas, saya ingin sungai-sungai kita indah seperti kanal-kanal di Kota Seoul atau Amsterdam, itu mimpi saya yang ingin saya wujudkan dan segera saya kerjakan dalam pemerintahan ini,” janjinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*