Premier League : Chelsea kokohkan kelasemen setelah tumbangi Hull City

chelsea

Chelsea tetap berada di puncak klasemen sementara usai meraih kemenangan 2-0 atas atas Hull City dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (13/12) malam WIB.

Dengan kemenangan ini, The Blues tetap unggul tiga poin atas rival terdekat, Manchester City, dengan mengumpulkan 39 poin dari 16 pertandingan. Sementara The Citizens menguntit dengan raihan 36 poin usai menang 1-0 atas Leicester City.

Babak Pertama

Eden Hazard membawa Chelsea unggul ketika pertandingan babak pertama baru berlangsung tujuh menit. Berawal dari umpan crossing yang sangat matang dari Oscar di sisi kanan pertahanan Hull City, bola disambut dengan sundulan kepala striker asal Belgia itu dan berbuah gol.

Tertinggal, Hull berusaha merespons. Jake Livermore mencoba peruntungan dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-12, namun bola masih belum tepat sasaran.

Pada menit ke-21, Hull kembali mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan melalui aksi Sone Aluko yang melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari dalam kotak penalti, namun bola masih melambung di atas mistar gawang Peter Cech.

Willian mendapat kartu kuning pada menit ke-31 akibat aksi diving -nya yang terlihat oleh wasit. Empat menit berselang, usaha Hull untuk menyamakan kedudukan kandas ketika umpan silang David Meyler mampu diteruskan dengan sundulan kepala Nikica jelavic, namun peluang itu belum membuahkan hasil.

Empat menit jelang pertandingan babak berakhir, Chelsea memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan lewat tendangan bebas Oscar. Namun, umpan matangnya ke arah kotak penalti bisa dihalau dengan sundulan kepala Meyler. Dua menit berselang, umpan John Obi Mikel ke arah Diego Costa mampu dipotong dengan tangkapan Alan McGregor. Hingga memasuki jeda pertandingan, tuan rumah unggul 1-0.

Babak Kedua

Hull mengawali pertandingan babak kedua dengan cukup bagus. Pada menit ke-49, mereka mendapat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Tom Huddlestone, namun masih bisa diantisipasi Branislav Ivanovic.  Dua menit berselang, Livermore melakukan percobaan dengan sepakan persis dari luar kotak penalti, namun bola menyamping ke sisi kanan gawang Cech.

Gary Cahill beruntung tidak mendapat kartu kuning kedua ketika ia melakukan diving pada menit ke-53. Oscar mengarah kepada sang bek yang berdiri di depan dua pemain lawan, namun ia justru menjatuhkan diri meski tidak mendapat hadangan. Lima menit kemudian, Costa mendapat kartu kuning karena dianggap wasit melakukan diving dengan berpura-pura jatuh kala berduel dengan Livermore.

Hull mendapat petaka karena mereka harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-60 setelah Huddlestone mendapat kartu merah akibat sengaja menginjak kaki Filipe Luis.

Tiga menit setelah indisen itu, Hazard mendapat peluang untuk mencetak gol keduanya di pertandingan ini ketika ia meneruskan umpan Nemanja Matic dengan sepakan kaki kananya, namun bisa diamankan McGregor.

Chelsea akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-68. Berawal dari pergerakan apik Hazard dari tengah lapangan ke sisi kiri pertahanan lawan, ia bekerjasama dengan Ivanovic dan meneruskan dengan passing cantik kepada rekannya, Costa. Sang striker dengan cerdik mengarahkan bola ke tiang jauh dan menjadi golnya ke-12 di musim ini.

Pada menit ke-75, Chelsea melancarkan serangan balik. Ivanovic memberikan umpan silang yang manja ke arah kotak penalti, namun Curtis Davies mampu memotong bola sebelum disambar Costa.

Ketika pertandingan menyisakan enam menit di waktu normal, Andre Schurrle, yang baru masuk empat menit, mendapat peluang untuk memperbesar keunggulan usai menerima umpan dari Didier Drogba. Tendangannya masih bisa diblok pertahanan tim tamu. Chelsea akhirnya mengunci kemenangan 2-0 dan tetap unggul tiga poin atas Manchester City.

Susunan Pemain:

Chelsea Starting XI: Cech, Ivanovic, Cahill, Terry, Filipe Luis, Mikel, Matic, Willian, Oscar, Hazard, Diego Costa.

Cadangan: Schwarzer, Zouma, Azpilicueta, Ramires, Schurrle, Remy, Drogba.

Hull City Starting XI: McGregor; Dawson, Chester, Davies; Elmohamady, Huddlestone, Livermore, Meyler, Robertson; Jelavic, Aluko.

Cadangan: Jakupovic, Rosenior, Bruce, Hernandez, Brady, Ramirez, Quinn.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*