Motor Matic yang irit BBM, Mio Blue Core

20141206mio-tile

Hingga saat ini, uji nyata secara langsung dari publik terhadap skutik pertama Blue Core Yamaha, Mio M3, belum belum dilakukan. Namun memang, efisiensi BBM jadi fokus utama dari penerapan teknologi ini.

Ada banyak pendukung dalam teknologi Blue Core yang membuat Mio M3 hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Salah satunya karena faktor pendinginan.

Menurut M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. 70 persen dari kinerja pendinginan diperoleh pada bagian silinder.

“Pendinginan yang maksimal. Sebanyak 70 persen dari bagian pendinginan didapat dari bagian di silinder, yaitu improvement di bagian air scoop-nya hingga pendinginan di bagian silinder bodinya, dengan penampang lebih luas,” urai Abidin.

Ditambah dengan bagian-bagian yang sudah dikembangkan pada teknologi YMJET-FI mereka, pendinginan maksimal pada Blue Core membuat tenaga yang terbuang karena panas itu lebih kecil.

“Mio Generasi ketiga ini juga sudah menggunakan forged piston, oil cooler. Dampaknya, lebih stabil, dan tenaga yang terbuang karena panas itu lebih kecil,” tambahnya.

New Mio M3 125 Blue Core menggunakan mesin berkapasitas 125 cc dengan tenaga 9,25 hp pada putaran mesin 8.000 rpm, dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Harga New Mio M3 menurut Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dipatok pada angka Rp 13,98 juta on-the road Jakarta. Namun, harga itu disebut pula akan mengalami penyesuaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*