Koin Palsu Bernilia Rp8,7 miliar Buatan Tiongkok di Sita Polisi Italia

uang-koin-rp-500-palsu-beredar-masyarakat-diminta-jeliSapujagat.com– Penyidik di Palermo, Calogero Ferrera yang memimpin penyelidikan bernama “Uang Shanghai” mengatakan bahwa ini adalah penyitaan terbesar dalam sejarah mata uang bersama euro yang mulai dialirkan pada 2002.

Kepolisian Italia pada Jumat (12/12) menyita uang koin euro palsu senilai 556 ribu euro atau Rp8,7 miliar yang dibuat di Tiongkok dalam sebuah kontainer di kota Naples.

Polisi paramiliter menahan 12 orang, termasuk empat warga negara Tiongkok, atas dakwaan konspirasi dalam memproduksi dan mendistribusikan uang palsu.

“Ini adalah uang palsu kualitas tinggi yang diproduksi oleh Tiongkok dan siap diedarkan di pasar Italia sebelum musim belanja Natal,” tulis kalimat dalam surat penangkapan.

Sebanyak 306 ribu koin itu terdiri dari pecahan 1 dan 2 euro.

Koin palsu 2 euro adalah yang paling baik produksinya sehingga tidak bisa dibedakan dengan yang asli. Bahkan menurut Ferrera, koin ini bisa terbaca di mesin pembeli minuman. Penyelidikan masih terus dilakukan.

Italia, terutama wilayah sekitar Naples adalah tempat yang marak beredar euro palsu, namun ini adalah kali pertama polisi menemukan uang palsu buatan Tiongkok.

Penyidik uang palsu di Naples, Gerardo Marinelli, mengatakan bahwa pada September lalu setengah dari seluruh uang palsu di 18 negara pengguna euro berasal dari Naples.

September lalu, polisi finansial Italia menahan seorang pria yang memiliki uang palsu pecahan 50 euro senilai 17 juta euro di dalam mobilnya di pusat perbelanjaan dekat Naples.

Uang palsu yang beredar biasanya adalah pecahan kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*