Gempa 3,5 SR Mengguncang Dataran Tinggi Dieng

gempa-2-400x241

Sapujagat.com– Gempa terjadi sekitar pukul 20.58 WIB tersebut berlokasi di 7,15 derajat lintang selatan dan 110,07 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa berkekuatan 3,5 Skala Richter (SR) mengguncang Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat malam.

“Pusat gempa di Dataran Tinggi Dieng, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Gempa dirasakan hingga I-II MMI terutama di sekitar Batur,” kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara Akhmad Lani, Jumat (12/12/2014).

Pihaknya memperkirakan gempa tersebut merupakan gempa tektonik sehingga dapat terekam oleh peralatan BMKG. “Biasanya kalau gempa vulkanik jarang terekam oleh peralatan kami,” jelasnya.

Sementara meurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Tunut Pujiharjo memperkirakan pusat gempa berada di sekitar Sukorejo, Kabupaten Kendal.

Dia juga megungkapkan jika sejumlah warga Kejajar, Kabupaten Wonosobo, dilaporkan merasakan gempa tersebut.

“Seismometer kami yang paling awal menangkap getaran gempa itu berada di timur laut Dieng, atau di sekitar Sukorejo. Informasinya disana banyak radio yang jatuh,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*