105 Rumah Tertimbun Longsor di Banjarnegara 3 Tewas

181086_belasan-rumah-tertimpa-longsor-di-cilebut_663_382Sapujagat.com– “Sekitar 105 unit rumah diperkirakan tertimbun longsor, berdasarkan data yang diterima,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (13/12).

Sebelumnya hujan deras mengguyur Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara menyebabkan longsor jam 6 sore. Tiga orang ditemukan tewas, tiga luka berat, serta 13 orang lainnya menderita luka ringan.

Menurut Sutopo, di lokasi kejadian kondisi hujan deras dan masih ada ancaman longsor susulan. Hal itu menyebabkan evakuasi terhadap warga di sekitar sulit dilakukan. “Komunikasi juga sulit karena tidak ada sinyal,” ujar Sutopo.

Kepala BNPB Syamsul Maarif telah memerintahkan Tim Reaksi Cepat BNPB menuju lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD). BPBD Kabupaten Banyumas, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Purbalingga telah diperintahkan untuk merapat ke lokasi bencana.

Longsor juga terjadi pada Kamis (11/12) di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, dan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

“Personel BPBD Banjarnegara, BPBD Provinsi Jawa Tengah bersama TNI, Polri, dan relawan sudah berada di lokasi untuk mengevakuasi,” kata Sutopo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*