Ical balik arah ! Dukung perpu pilkada, Kubu Agung tertawa geli

 

ketua-umum-partai-golkar-aburizal-bakrie-tengah-berbincang-dengan-_141130214316-389

Langkah Aburizal Bakrie (Ical) yang berbalik arah mendukung Perppu Pilkada mengundang tawa kubu Agung Laksono. Sebelumnya, kubu Ical dalam Munas Bali merekomendasikan untuk menolak Perppu Pilkada yang pembahasannya akan dimulai di DPR pada Januari 2015.

“Itu lucu sekali. Harusnya seorang pemimpin tegas dalam bertindak,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Golkar versi Munas Jakarta, Leo Nababan, di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (10/12). Leo pun tertawa lepas melihat polah Ical.

Kubu Agung menilai Ical terbukti merupakan seorang pemimpin yang plinplan. “Alhamdulillah, akhirnya Ical dibukakan hati dan pikirannya,” kata Wakil Ketua Umum Golkar Munas Jakarta, Agus Gumiwang Kartasasmita, sambil tersenyum simpul.

Agus mengatakan kini masyarakat bisa melihat seperti apa watak Ical sesungguhnya. “Begitu mudahnya dia berubah dari satu posisi ke posisi lain,” kata Ketua Fraksi Golkar kubu Agung di DPR itu.

Lebih jauh, Agus menganggap kepribadian rivalnya itu berisiko bagi kelangsungan bangsa dan negara. “Inkonsistensi seperti itu berbahaya, apalagi untuk memimpin partai sebesar Golkar,” ujarnya.

Apapun, kubu Agung bersyukur Ical berubah sikap soal Perppu Pilkada. “Keinginan rakyat harus dituruti, dan mereka ingin pilkada langsung,” kata Sekjen Golkar Munas Jakarta, Zainuddin Amali.

Munas Bali merekomendasikan Partai Golkar untuk menolak Perppu Pilkada dan meminta Fraksi Golkar di DPR untuk memperjuangkan pilkada tidak langsung. Pilkada lewat DPRD menguntungkan Golkar karena mereka jadi bisa merebut banyak jabatan kepala daerah. Untuk itu Munas Bali juga mengusulkan revisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD untuk memperkuat posisi DPRD.

Namun semalam, Selasa (9/12), Ical mengaku sadar bahwa penolakan Golkar terhadap Perppu Pilkada menarik perhatian masyarakat dan politisi. Ia pun memilih mengikuti desakan kuat publik untuk mendukung pemilihan kepala daerah langsung oleh rakyat, dengan mendukung Perppu Pilkada. “Maka Partai Golkar akan mendukung Perppu usul pemerintah tentang UU Pilkada,” kata dia.

Beberapa jam sebelum Ical mengeluarkan pernyataan itu, Golkar kubu Agung mengumumkan akan mengawal pembahasan Perppu Pilkada di DPR. Kubu Agung bahkan menunjuk Ketua Fraksi Golkar baru di DPR, Agus Gumiwang, agar pihaknya dapat terlibat aktif dalam meloloskan Perppu Pilkada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*