Dinilai Melanggar Hak Paten, Xiomi Dilarang Jualan di India

xiaomi-mi-3-india-150714Sapujagat.com–  Xiomi produsen ponsel asal China itu mendadak dilarang memasarkan lagi produknya di India. Padahal terhitung sukses di India di mana ponsel jualannya selalu laris manis di toko online setempat.

Dikutip  dari Times of India, Kamis (11/12/2014), pengadilan di New Delhi memerintahkan Xiaomi untuk menghentikan penjualan, iklan ataupun impor perangkat ke India. Penyebabnya, Xiaomi dinilai melanggar paten milik perusahaan telekomunikasi Ericsson.

Hakim pun memerintahkan agar petugas bea cukai menyetop impor handset Xiaomi. Namun tidak dijelaskan apakah semua model ponsel Xiaomi melanggar paten Ericsson itu atau hanya tertentu saja.

Hukuman yang cukup berat ini diimplementasikan karena Xiaomi sudah beberapa kali diperingatkan Ericsson soal pelanggaran paten tersebut, tapi tidak mengindahkannya. Xiaomi sepertinya bisa lolos dari hukuman ini kalau mereka memenuhi permintaan Ericsson.

Ericsson sebelumnya juga meminta royalti dari produsen ponsel lokal India, Micromax, yang memakai paten miliknya. Pengadilan mengabulkannya dan meminta Micromax menyisihkan 1% dari penjualan ponsel untuk Ericsson.

Xiaomi mulai berbisnis di India sejak Juli 2014 dan langsung sukses besar. India kini adalah pasar terbesar kedua bagi mereka setelah China. Dilaporkan, Xiaomi sudah menjual setengah juta ponsel di negeri itu sampai bulan Oktober.

Ketika dikonfirmasi, bos Xiaomi India Manu Jain menyatakan kalau mereka belum menerima surat resmi dari pengadilan mengenai larangan pemasaran. Dia menambahkan kalau India adalah pasar penting bagi Xiaomi sehingga tim hukum sedang mengevaluasi keputusan pengadilan itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*