Bunker Milik Diktator Komunis Albania Dibuka Untuk Umum

104544_4bunkerSapujagat.com– Selama rezim komunis berkuasa, diktator Enver Hoxha memerintahkan untuk membangun 700.000 bunker yang tersebar di seluruh Albania. Bunker-bunker ini bagian atasnya membulat seperti jamur.

Dari sekian banyak bunker, ada sebuah bunker yang sangat tertutup milik diktator komunis Albania Enver Hoxha. Baru-baru ini, bunker tersebut terbuka untuk turis.

Dari sekian banyak bunker tersebut, ada satu bunker besar yang sangat spesial. Bunker ini milik Enver Hoxha yang akhirnya tidak pernah digunakan setelah pembangunannya selesai.

Dilansir oleh detikTravel dari BBC, Senin (8/12/2014), bunker ini dibangun sebagai tempat berlindung dari serangan bom nuklir. Bunker super rahasia ini dibangun di dekat Tirana, ibu kota Albania pada rezim komunis tahun 1970-an. Untuk pertama kalinya, bunker ini dibuka untuk turis.

Bunker milik Enver Hoxha tersebut telah dibuka untuk umum sebelum hari pembebasan Albania dari Perang Dunia II yang dirayakan setiap tanggal 29 November. Pemerintah Albania akan memfungsikan bunker ini sebagai salah satu objek pariwisata.

Bunker akan dijadikan museum yang memamerkan koleksi benda-benda peninggalan zaman Perang Dunia II dan Perang dingin. Selain itu juga akan disediakan tempat pameran untuk para seniman.

Pada zaman perang dingin, Enver Hoxha memerintahkan pembangunan bunker ini untuk berlindung dari serangan bom nuklir dari Uni Soviet atau Amerika Serikat. Bunker dibangun dengan ketinggian 100 m di bawah tanah, terdiri dari 5 lantai dengan sekitar 106 ruangan.

Di dalam bunker terlihat tempat tidur milik Enver Hoxha yang tidak pernah digunakan. Pintu besi yang ada di bunker ukurannya tidak terlalu tinggi sehingga harus sedikit menunduk untuk melewatinya.

104526_2bunker

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*