Bank Dunia: Pelemahan Rupiah Saat Ini Tidak Terlalu Besar

Bank Dunia ilusSapujagat.com -“Tidak ada satu pun negara di dunia yang tidak terpengaruh kondisi perekonomian global. Namun banyak juga negara yang cukup berhasil dengan adanya pengaruh ekonomi global,” paparnya di acara Laporan Perkembangan Triwulan Perekonomian Indonesia oleh Bank Dunia, di Soehanna Hall, The Energy Building, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dinilai masih lebih baik dibandingkan dengan yang dialami negara-negara lain. Bahkan Vice President for East Asia and the Pasific World Bank (Bank Dunia) Axel Van Trotsenburg menyebutkan, pelemahan rupiah saat ini tidak terlalu besar.

Beberapa waktu lalu, dolar AS sempat menguat hingga di atas Rp 12.300. Namun saat ini sudah melemah tipis, dan menurut data Reuters diperdagangkan di posisi Rp 12.295.

Dalam 6 bulan terakhir, lanjut Van Trotsenburg, rupiah melemah sekitar 12%. Sementara Jepang mencapai 20%, dan Rusia lebih tinggi lagi yaitu 50%.

Menurut Van Trotsenburg sulit untuk memperkirakan pergerakan rupiah ke depan. “Ini buat proyeksi sulit dilakukan. Apakah akan mempengaruhi kinerja ekspor, kita tidak tahu,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*