Serie A : Genoa sukses hadapi AC Milan di publik sendiri

acmilan

Ambisi AC Milan untuk menembus zona Eropa pada pekan ini terpaksa dipendam setelah ditaklukkan tuan rumah Genoa 1-0 berkat gol tunggal Luca Antonelli di menit 32, Minggu (7/12) malam WIB, dalam lanjutan Serie A Italia.

Dengan kekalahan ini, pasukan Filippo Inzaghi masih tertahan di urutan ketujuh Serie A dengan koleksi 21 poin. Sebaliknya, Genoa secara luar biasa mampu menyalip Napoli untuk nangkring di posisi tiga besar klasemen alias di zona Liga Champions dengan koleksi 26 poin.

Babak Pertama

Milan mengawali laga dengan cukup percaya diri. Jeremy Menez, yang kembali dipasang sebagai penyerang tengah di laga ini, beraksi di menit 11 untuk menciptakan peluang pertama di laga ini, namun tembakannya tepat jatuh ke pelukan Mattia Perin.

Di pertengahan babak pertama, Genoa mampu menguasai jalannya pertandingan, sementara Milan tampak nyaman duduk di belakang. Rossoneri sebenarnya bisa unggul 1-0 di menit 27 ketika Menez merebut penguasaan bola Genoa dan berlari sendirian menuju gawang. Akan tetapi, dalam situasi satu lawan satu, tembakan penyerang Prancis itu malah mengarah ke tubuh Perin.

Genoa kemudian kembali mendapat momentum. Setelah mendapat sepak pojok berkali-kali, akhirnya tuan rumah mampu memaksimalkan kans tersebut di menit 32. Milan, yang selama ini lemah dalam mengantisipasi bola mati, kembali dibuat tak berdaya. Menyambut corner Diego Perotti, Luca Antonelli sukses mengungguli Daniele Bonera untuk menanduk bola ke gawang Diego Lopez.

Tertinggal 1-0, Milan mencoba menekan pertahanan Genoa di sepuluh menit terakhir. Namun justru tuan rumah yang nyaris menggandakan keunggulan di menit 44. Adalah Perotti yang berhasil menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang sukses melewati Lopez. Akan tetapi, Philippe Mexes melakukan sergapan brilian untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Milan berinisiatif menyerang dengan memanfaatkan kelincahan para pemain sayap mereka. Meski demikian, tetap saja Milan belum mampu melakukan sentuhan bagus setiap kali bola memasuki area pertahanan anak asuh Gian Piero Gasperini.

Di satu sisi, sayap andalan Genoa, Perotti, terus menjadi momok pertahanan Milan sebagaimana pemain asal Argentina itu selalu terlihat asyik mengobrak-abrik pertahanan tim tamu setiap kali melancarkan serangan balik. Satu tembakan Perotti di menit 60 mampu membuat Lopez harus berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Tim tamu terus menguasai jalannya pertandingan di sisa 30 menit laga, namun koordinasi lini belakang Genoa yang begitu rapi membuat Milan kesulitan melakukan penetrasi di sepertiga akhir lapangan. Inzaghi pun memasukkan Giampaolo Pazzini dan M’Baye Niang untuk menambah daya dobrak di lini depan.

Peluang berarti Milan baru hadir di menit 88 ketika kerjasama apik antara Niang dan Pazzini mampu memberikan ruang tembak bagi Giacomo Bonaventura. Sayang, tembakan sang gelandang masih melebar. Hingga injury time tiga menit berakhir, Milan belum sanggup menyamakan skor dan membuat mereka harus menelan kekalahan ketiga di musim ini.

 

Susunan Pemain:

Genoa (4-3-3): Perin; Roncaglia, De Maio, Izzo (Antonini 84′), Antonelli; Sturaro, Kucka (Marchese 71′), Bertolacci; Perotti, Matri (Pinilla 81′), Falque.

Cadangan: Lamanna, Rosi, Fetfatzidis, Rincon, Mussis, Greco, Edenilson, Lestienne.

AC Milan (4-3-3): Diego Lopez; Bonera, Rami, Mexes, Armero; Montolivo (Poli 63′), De Jong, Bonaventura; Honda (Pazzini 71′), Menez, El Shaarawy (Niang 78′).

Cadangan: Abbiati, Agazzi, Zaccardo, Zapata, Saponara, Van Ginkel, Torres.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*