Piala AFF [Semi final leg-1] : Vietnam sukses hadapai tuan rumah Malaysia

vietnam

Timnas Vietnam mendapatkan modal positif dari leg pertama semi-final Piala AFF 2014. Itu setelah, mereka menaklukkan tuan rumah Malaysia dengan skor tipis 2-1 di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Minggu (7/12) malam.

Dengan hasil itu, Vietnam hanya membutuhkan hasil imbang ketika berlaga di Stadion My Dinh, Hanoi, 11 September mendatang, untuk lolos ke final.

Babak pertama

Tampil sebagai tim tamu, tak membuat Vietnam ciut nyali untuk tampil lebih menyerang. Mereka langsung tampil menekan sejak menit awal pertandingan. Peluang pertama pun langsung didapatkan melalui sepakan Ngo Hoang Thinh pada menit ketiga dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya masih melenceng di sisi kiri gawang Malaysia.

Malaysia pun tak tinggal diam. Mereka juga memberikan tekanan ke lini pertahanan tim tamu. Setelah beberapa kali gagal, akhirnya tim Harimau Malaya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-14 melalui tendangan penalti Safiq Rahim. Penalti itu diberikan setelah wasit menganggap salah satu pemain Vietnam melakukan hand-ball di kotak terlarang. skor 1-0.

Unggul satu gol, Malaysia justru lebih banyak ditekan Vietnam. Beberapa kali, striker Vietnam, Le Cong Vinh berhasil lepas dari kawalan para pemain belakang Malaysia. Salah satunya, tendangan kaki kirinya di dalam kotak penalti pada menit ke-16. Namun, tendangannya itu masih bisa diblok kiper Malaysia, Khairul Fahmi Che Mat.

Hingga akhirnya, skuat asuhan Toshiya Miura itu berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-32 melalui tendangan Vo Huy Toan. Vo Huy Toan berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Nguyen Van Quyet. Skor berubah 1-1.

Setelah itu pertandingan berjalan lebih menarik. Namun, Vietnam terlihat lebih banyak menekan Malaysia. Malaysia sendiri hanya sesekali bisa mengancam gawang Vietnam. Tapi, hingga babak pertama usai skor tetap 1-1.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, Malaysia mencoba tampil lebih menekan. Tendangan Safee Sali pada menit ke-49 dari luar kotak penalti masih belum tepat sasaran.

Vietnam juga berusaha menekan pertahanan Malaysia. Tapi, upaya mereka masih bisa diredam Mahali Jasuli dan kawan-kawan. Hingga akhirnya pada menit ke-59 akselerasi Nguyen Van Quyet berhasil membobol gawang Malaysia lewat sepakan kaki kirinya. Skor berubah 2-1.

Unggul satu gol, membuat para pemain Vietnam lebih nyaman dalam memainkan bola. Justru para penggawa Malaysia yang terlihat lebih panik sehingga alur serangan yang dibangun mudah dipatahkan. Le Cong Vinh memperoleh peluang emas pada menit ke-55, namun tendangannya masih bisa diblok pemain belakang Malaysia.

Begitu pula, tendangan Mac Hong Quan masih bisa digagalkan Khairul Fahmi. Tak lama berselang, Vo Huy Toan kembali mengancam gawang Malaysia. Beruntung, dia gagal menyambar bola umpan silang di depan gawang Malaysia.

Malaysia yang berupaya keluar dari tekanan secara perlahan, serangan mereka terlalu mudah dibaca lini pertahanan Vietnam. Pada menit-menit akhir Malaysia tak menyerah untuk mengejar ketertinggalan mereka. Tapi, kesolidan lini belakang Vietnam mampu meredam setiap ancaman yang dilancarkan skuat asuhan Dollah Saleh.

Pun demikian ketika Malaysia melancarkan serangan bertubi-tubi di masa injury time. Termasuk sundulan Indra Putra Mahyuddin di depan gawang Vietnam, yang masih belum tepat sasaran. Hingga babak kedua usai, skor tetap 2-1 untuk Vietnam.

Highlight Vietnam 2 – 1 Malaysia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*