La Liga : hat trick Messi hempaskan Espanyol

barcelona

Peringkat kedua klasemen Primera Division Spanyol kembali diduduki Barcelona seturut kemenangan mencolok 5-1 atas Espanyol dalam partai El Derbi Barceloni di Camp Nou, Minggu (7/11).

Lionel Messi memborong tiga gol untuk mengantar Barca, yang sempat tertinggal dulu, meraup tiga angka penuh, dengan Gerard Pique dan Pedro Rodriguez juga masuk papan skor untuk tuan rumah.

Dengan hasil ini, Blaugrana merebut pos runner-up dari tangan Atletico Madrid dan memangkas jarak dari Real Madrid di puncak kembali menjadi dua poin.

Babak Pertama

Espanyol tidak terlihat gentar meski bermain sebagai tamu di hadapan publik Camp Nou. Mereka bahkan telah memberikan ancaman nyata untuk pertahanan Barcelona di menit kedelapan, saat umpan silang Sergio Garcia tampak pasti bakal disambar Felipe Caicedo sebelum Jordi Alba bergerak cepat menghalau bola.

Meski demikian, hanya lima menit berselang Barcelona tak terhindar dari kebobolan. Kecerobohan Sergio Busquets membuat Caicedo dengan mudah mencuri bola dari penguasaannya dan memberikan umpan kepada Garcia, yang langsung melakukan penetrasi, memotong ke dalam untuk mengelabui Gerard Pique dan melepas tembakan akurat kaki kiri membobol gawang Claudio Bravo.

Barca gagal menunjukkan respons positif setelah tertinggal. Mereka minim inspirasi saat menyerang dan tampak rentan di sektor belakang. Satu serangan balik cepat Espanyol bahkan nyaris kembali berujung petaka untuk tuan rumah pada menit ke-27, untunglah tendangan Garcia kali ini terlalu lemah sehingga mudah ditangkap Bravo.

Peluang emas Barca untuk menyamakan angka baru terlahir pada setengah jam permainan lewat bola mati. Lionel Messi melepas eksekusi tendangan bebas indah yang melengkung melewati pagar betis, tapi kandas oleh mistar.

Messi kembali beraksi tak lama kemudian dengan aksi dribelnya menusuk ke dalam kotak penalti Espanyol, namun laju bintang Argentina itu pada akhirnya terhenti oleh tekel lugas Eric Bailly.

Walau jarang menguasai bola, Espanyol hampir selalu berbahaya saban menggeber serangan balik, dan ini kembali terlihat di menit ke-42, ketika Victor Sanchez berada dalam posisi bebas untuk menyambut sebuah bola terobosan. Tapi sentuhan pertama eks pemain Barca itu terlalu deras sehingga Bravo bisa cepat berlari meninggalkan sarangnya dan menyapu bola.

Pada detik-detik akhir babak pertama, kedudukan akhirnya menjadi menjadi sama kuat 1-1. Blaugrana sukses menyamakan kedudukan dan aktor utamanya tak lain adalah Messi, yang melepas sepakan mendatar akurat ke pojok kiri bawah gawang tanpa terjangkau Kiko Casilla setelah menerima bola dari Xavi Hernandez.

Babak Kedua

Barcelona mengawali paruh kedua dengan jauh lebih baik ketimbang 45 menit awal. Hanya lima menit seusai restart kubu tuan rumah berbalik memimpin 2-1.

Bermula dari umpan Neymar setelah melewati dua pemain lawan, Luis Suarez meneruskan bola kepada Messi. Kendati sentuhan pertamanya terlihat terlalu keras, Messi secara brilian mampu mengecoh Juan Fuentes dengan sentuhan keduanya sebelum melepas sepakan kaki kanan untuk menaklukkan Casilla.

Hanya tiga menit setelahnya, gol ketiga Barcelona bersarang di dalam gawang Espanyol dari tandukan bertenaga Gerard Pique memanfaatkan tendangan penjuru Ivan Rakitic.

Anak-anak asuhan Luis Enrique tampil makin nyaman dan penuh kepercayaan diri menyusul dua gol dalam waktu singkat tersebut. Setelah beberapa kans terbuang percuma, Azulgrana akhirnya memperlebar selisih di menit ke-77.

Pedro, yang sebelumnya masuk menggantikan Suarez, mencatatkan nama di papan skor setelah berlari menyongsong umpan diagonal ciamik kiriman Jordi Alba dan melesatkan tembakan jitu ke tiang jauh.

Kemenangan Barcelona lantas ditutup Messi tiga menit berselang. Bekerja sama dengan Pedro, La Pulga melengkapi hat-trick -nya dalam pertandingan ini melalui sontekan ringan kaki kanan.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Rakitic, Busquets, Xavi; Suarez, Messi, Neymar

Cadangan: Ter Stegen, Pedro, Iniesta, Rafinha, Adriano, Mathieu, Munir

Espanyol (4-4-2): Casilla; Arbilla, Gonzalez, Bailly, Fuentes; Vazquez, Sanchez, Canas, Sevilla; Garcia, Caicedo

Cadangan: Pau, Lopez, Alvarez, Moreno, Colotto, Abraham, Stuani

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*