Evan Dimas Kembali Masuk Squad Timnas setelah penampilan apiknya bersama Timnas senior di Piala AFF

evan-dimas-masuk-timnasSapujagat.com – Setelah Timnas U-23 menyelesaikan rangkaian pemusatan latihan di lapangan UNY Jogjakarta, kemarin (6/12). Sejauh ini, sudah ada 24-26 pemain yang siap dipanggil kembali oleh pelatih Aji Santoso di pemusatan latihan berikutnya.

“Kalau disebut TC (training center) sebenarnya belum, karena saya masih seleksi. Selanjutnya, saya akan panggil 25-30 pemain,” katanya saat dihubungi, kemarin.

Rinciannya, 25-30 pemain di TC selanjutnya itu adalah gabungan pemain yang diseleksi dari 29 November-6 Desember lalu, dengan pemain U-23 lama. Mereka sebelumnya pernah dipanggil membela Timnas di Asian Games 2014.

Beberapa diantara nama yang dipanggil kembali tersebut adalah Alfin Tuasalamony, Manahati Lestussen,dan Saiful Indra Cahya.

“Sisanya nanti dipanggil dari pemain yang diseleksi, ada 24 sampai 26 pemain. Ada juga pemain yang sebelumnya memperkuat Timnas senior saya panggil di TC selanjutnya,” tutur pelatih asal Malang tersebut.

Evan Dimas, disebut Aji juga akan dipanggil setelah penampilan apiknya bersama Timnas senior di Piala AFF lalu.

Eks pemain U-19 itu dipastikan akan kembali bersua rekan-rekannya di TC selanjutnya karena Aji juga sempat menyeleksi eks U-19 lainnya, seperti Ravi Murdianto, Ilham Udin Armayn, Hansamu Yama, Paulo Sitanggang, dan Putu Gede.

Aji menegaskan, dia telah mengantongi catatan pemain per pemain. Bukan hanya skill, tapi konsistensi dan kemampuan fisik, juga telah dipantau secara maksimal di hari terakhir seleksi di kota Gudeg, julukan Jogja.

Latihan  kemarin, menurut tim pelatih memakan waktu paling lama dari rangkaian latihan sebelum-sebelumnya. Pemain menjalani latihan sampai memakan waktu tiga jam lebih. Itu sengaja dilakukan oleh Aji karena dia membagi 61 pemain yang bergabung dalam empat tim berbeda.

Setiap tim, bermain normal 2 x 45 menit, sehingga benar-benar terlihat performa pemain per pemain secara menyeluruh. Karena itu, latihan berjalan layaknya dua kali pertandingan dalam waktu normal.

“Memang perlu berlatih game lama. Dari penilaian terakhir, catatan nama sudah ada. Tapi saya tidak bisa sebutkan sekarang,” tegas pelatih 43 tahun tersebut.

Selanjutnya, skuad Garuda Muda menurut Aji akan kembali masuk TC pada Akhir Desember mendatang. Itu menjadi persiapan sebelum mereka akan menjalani laga uji coba internasional perdana ke luar negeri pada Januari nanti.

Sejauh ini, calon lawan yang akan dihadapi belum diumumkan oleh Badan Tim Nasional (BTN). Tapi, Aji memastikan, jika lawan uji coba telah ada dan baru akan dijelaskan setelah timnya memasuki TC.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*