Pesona “Sumur Thor” dari Norwegia

Menurut situs Atlas Obscura, Thor’s Well yang berarti ‘sumur Thor’ ini sejatinya merupakan lubang patahan (sinkhole) biasa, sama halnya Dean’s Blue Hole atau Belize Great Blue Hole.

Di pantai Cape Perpetua, Oregon, Amerika Serikat terdapat sebuah fenomena alam menakjubkan yang jadi buruan para fotografer. Namanya Thor’s Well.

Tetapi yang menjadikan sinkhole satu ini luar biasa adalah penampakannya yang seperti air terjun laut dalam dongeng. Thor’s Well tampak paling menakjubkan saat ombak pasang atau badai. Ketika ombak menerjang dan memenuhi sumur dengan air asin, alirannya tampak seperti air terjun laut.

Air itu tak lantas membanjiri sumur, namun langsung meresap di antara celah-celah batu yang membentuk Thor’s Well. Seolah-olah Thor’s Well merupakan sumur tak berdasar yang menelan segala benda. Padahal kedalamannya hanya sekitar 6 meter.

Thor’s-Well15

photo by : myfuturetrips.com

thors-well

photo by : nationalgeographic.pny.com

Tetapi bukan berarti Thor’s Well tidak bisa mengancam nyawa. Jangan sampai tercebur ke dalam saat menikmati pesonanya. Siapapun bisa tewas karena tenggelam.

thors_well_miles

photo by : scribol.com

Sumur laut ini merupakan objek favorit para pecinta fotografi. Kadang ada saja yang sampai tak memedulikan risiko kehilangan nyawa demi mengabadikan kemegahan Thor’s Well.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*