Evolusi Facebook yang menjadi Antivirus

sign-up-facebook

 

Ya, Facebook baru saja meneken kerjasama dengan produsen antivirus ketiga mereka, Eset, untuk melengkapi dua antivirus buatan F-Secure dan Trend Micro yang sebelumnya sudah melindungi Facebook.

Dengan tambahan bantuan dari Eset, Facebook diklaim mampu menangkap virus yang tersembunyi dalam konten atau pesan yang dikirimkan oleh pengguna.

Facebook nampaknya terus berupaya memperkuat ‘dinding pelindung’ mereka untuk mengamankan pengguna dari serangan virus. Bahkan, kini Facebook mulai berubah menjadi antivirus itu sendiri.

“Semakin banyaknya antivirus semakin meningkatkan peluang virus untuk tertangkap dan dibersihkan, yang pada akhirnya membantu orang-orang di Facebook untuk melindungi data mereka,” ujar Chetan Gowda, salah satu insinyur Facebook, PC World (04/12).

Menariknya, Facebook nantinya dapat mendeteksi virus di servernya saat sebuah virus menyerang perangkat milik pengguna. Lalu, Facebook akan memperingatkan pengguna bila mereka harus memulai pemindaian virus dengan antivirus.

Pengguna juga bisa dengan mudah menggunakan antivirus gratis milik F-Secure dan Trend Micro yang terintegrasi dengan Facebook.

“Anda bisa menjalankan pemindaian, melihat hasilnya, dan melumpuhkan virus tanpa perlu keluar dari Facebook,” tambah Gowda.

Langkah ini pun semakin membuat jejaring sosial dengan 1,35 miliar pengguna itu mirip sebuah antivirus. Apakah Anda suka dengan rencana Facebook ‘antivirus’ tersebut?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*