Atas tindakan Rasisme, FA nyatakan Balotelli Bersalah !

balotelli

“Pemain Liverpool melanggar peraturan FA Nomor E3[1] karena unggahannya bernada menyerang dan/atau menghina dan/atau tidak layak,” demikian pernyataan FA pada situs resminya.

“Pelanggaran yang dilakukan Balotelli juga terkait pasal E3[2] yaitu nada ejekan yang merujuk pada etnis dan/atau warna kulit dan/atau ras dan/atau kewarganegaraan dan/atau agama atau kepercayaan.”

Penyerang Liverpool, Mario Balotelli, dinyatakan bersalah melanggar peraturan Asosasi Sepak Bola Inggris (FA), demikian bunyi pernyataan FA pada Jumat (5/12). Hal ini terkait dengan foto yang diunggah di akun Instagram pribadi Balotelli pada Selasa (2/12) yang dinilai bernada rasialisme dan anti-semit.

Penyerang yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2014 tersebut memiliki waktu hingga 15 Desember untuk merespons keputusan FA.

Unggahan Balotelli sendiri adalah gambar tokoh gim video Super Mario yang disertai dengan kata-kata:

“Jangan menjadi rasis. Jadilah seperti Mario, seorang tukang ledeng Italia, yang diciptakan orang Jepang, yang berbicara dalam bahasa Inggris, yang terlihat seperti orang Meksiko. Ia melompat seperti orang berkulit hitam, dan memetik koin seperti orang Yahudi.”

Balotelli sendiri menolak tuduhan rasialisme dan anti-semit tersebut. Melalui akun media sosial Twitternya, ia juga menyatakan bahwa ibu asuhnya adalah seorang Yahudi dan lalu meminta maaf jika unggahannya menyinggung orang lain.

Juru bicara klub Liverpool berkata: “Kami telah mengetahui keputusan FA dan pemain bersangkutan akan menjalani proses lanjutan untuk menjawab keputusan tersebut. Sementara proses berlangsung, klub tidak akan memberikan komentar apapun.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*