[Preview] Seriea A : Juventus vs Fiorentina

juventus

Duel klasik tersaji di Artemio Franchi, menakala Fiorentina harus menjamu Juventus, dalam lanjutan Serie A Italia giornata 14, Sabtu (6/12) dini hari WIB.

Seperti dalam sedekade terakhir, level Fiorentina dan Juve selalu berbeda. Jika La Viola terus berjuang keluar dari zona medioker menuju elit, maka I Bianconeri menikmati statusnya sebagai yang terbaik di Italia. Namun fakta itu sama sekali tak mengikis gengsi yang tersaji dalam duel dini hari nanti.

Dalam sejarahnya, bentrok Fiorentina dan Juve sudah bagaikan partai derby. Dendam kesumat para tifosi Fiorentina atas deretan momen sakit hati yang lahir dari Tim Hitam-Putih jadi penyebabnya.

“Di Firenze ada suasana tertentu menjelang laga satu ini, Anda bisa merasakannya sejak dua pekan sebelum sebelum laga dilangsungkan. Di Firenze, melawan Juventus berarti lebih dari sebuah derby. Tifosi sangat peduli akan hasil yang akan diraih dan mereka punya harapan tinggi pada tim kesayangannya,” tutur legenda kedua tim, Angelo Di Livio, jelang laga. Oleh karenanya atmosfer pertandingan yang panas dan luar biasa bakal jadi jaminan.

Kiprah Il Gigliati di awal musim ini memang tak sekencang musim lalu. Namun perlahan tim asuhan Vicenzo Montella mulai menunjukkan kebangkitannya. Jelang hadapi Juve, tercatat tiga kemenangan beruntun mampu diraih Fiorentina di semua ajang dalam dua pekan terakhir.

Pada partai terbarunya, Borja Valero cs bahkan sukses mendulang kemenangan telak 4-0 atas Cagliari, di laga tandang. Matias Fernandez, yang jadi bintang dalam ketiga partai tersebut, siap jadi tumpuan untuk jadi ancaman Juve dari lini kedua.

Rasa optimisme tinggi juga patut diapungkan Fiorentina, mengingat musim lalu — dalam situasi yang sama — mereka sanggup menghajar Juve lewat skor telak 4-2!

Sementara konsentrasi Si Nyonya Tua jelang pertandingan ini terbagi dengan duel pamungkas di Liga Champions, hadapi Atletico Madrid, tengah pekan depan. Meski begitu sang pelatih kepala, Massimiliano Allegri, sudah menegaskan jika fokus timnya kini ada dalam partai melawan Fiorentina.

“Kami menghadapi sebuah tim yang baru saja menang dalam dua laga tandang secara beruntun dan mereka adalah rival tradisional bagi Juventus. Tak mudah bermain di sana [Artemio Franchi], tetapi kami tetap mengincar hasil positif,” ujar sang nakhoda.

“Saya mungkin akan melakukan beberapa perubahan pada susunan pemain. Tapi kami sama sekali belum memikirkan laga kontra Atletico. Setelah hari Sabtu, barulah kami boleh mengalihkan fokus ke sana,” tegasnya.

Badai cedera — khususnya — di lini belakang masih jadi hantu Juve dalam beberapa pekan terakhir. Yang terbaru adalah kembalinya Romulo ke meja perawatan dan skorsing bagi bek kanan andalan mereka, Stephan Lichtsteiner. Kembalinya Simone Padoin bakal dioptimalkan dalam skema andalan, 4-2-1-2-1.

Tren positif yang diraih La Vecchia Signora dengan meraup enam kemenangan beruntun, bakal meningkatkan rasa percaya diri penggawanya. Selain itu mereka juga memiliki rekor bagus dalam lima pertemuan terakhir kontra Fiorentina. Tiga kemenangan mampu diraih, sementara sisanya adalah seri dan kekalahan.

Kejutan yang dihadirkan Fiorentina musim lalu terhadap Juve, bisa saja terulang. Tapi kini momentum bagus tengah menaungi sang juara bertahan Serie A. Sulit memang, tapi kemenangan tipis bisa diraih untuk segera bersiap dengan aura positif saat hadapi Atletico di Liga Champions.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*