Awet Muda Dengan Diet Mediterranean

tips-hidup-sehatSapujagat.com– Orang-orang yang menjalani diet Meditteranean cenderung menunjukan penuaan pada sel yang lebih rendah.Karenanya disimpulkan, diet Meditteranean bisa jadi kunci mengatasi proses penuaan dan bahkan mungkin cara hidup untuk lebih panjang umur.

Penelitian itu dilakukan oleh Immaculata De Vivo, associate professor di Brigham and Women’s Hospital di Boston dan Harvard Medical School. Diet Meditteranean mencakup makan makanan yang kaya akan sayuran, buah, kacang dan kacang polong, gandum utuh, minyak zaitun dan ikan.

Produk susu daging-dagingan dan lemak jenuh diperbolehkan tapi dalam jumlah minimum. Segelas anggur saat makan malam diperbolehkan tapi tidak lebih dari ukuran itu.

Cara diet ini selama beberapa waktu memang sudah diyakini bisa mengatur berat badan sekaligus menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit pembuluh darah. Dalam penelitan ini, peneliti mengumpulkan data dari 4.676 perempuan berusia pertengahan yang terlibat dalam Nurses’ Health Study. Ini adalah bagian dari penelitian melacak kesehatan lebih dari 120 ribu perawat sejak 1976.

Hasilnya membuktikan mereka yang menjalani diet Meditteranean punya telomere atau komponen DNA yang lebih panjang. Telomere yang lebih panjang melindungi kode genetik, dan menjaga kromosom dari kerusakan. Telomere akan memendek semakin tua usia orang.

“Memang ada hubungan antara panjang telomere, usia dan diet Meditteranean yang berdampak juga pada gaya hidup,” demikian salah satu pernyataan dalam laporan penelitian itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*