Premier League : Tanpa kesulitan, Chelsea perkokoh klasemen

B39TY5IIUAA_3QE

Chelsea berhasil mengeksploitasi masalah klasik Tottenham Hotspur dan meraih kemenangan 3-0 di Stamford Bridge, Kamis (4/12) dini hari tadi. Kemenangan ini sekaligus mengukuhkan The Blues di puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Harry Kane jadi satu-satunya pemain Spurs yang bersinar dari awal hingga akhir laga, seiring tandukannya membentur mistar di awal laga. Namun, pasukan Jose Mourinho menunjukkan kapabilitasnya dengan tiga gol yang disematkan oleh Eden Hazard, Didier Drogba, dan Loic Remy.

Babak Pertama

Spurs mengawali laga dengan meyakinkan. Performa Harry Kane di sepertiga akhir lapangan selalu merepotkan Gary Cahill dkk. Penempatan briliannya nyaris membuahkan gol, seiring tandukannya menyambut bola lambung Aaron Lennon. Bola hanya mampu membentur mistar gawang.

Kane kembali beraksi tak lama kemudian. Aksi individualnya – memanfaatkan salah antisipasi Cahill – sukses membuka ruang dan mengacak-acak pertahanan  The Blues . Sayang, sepakannya dari sudut sempit meleset tipis.

Ternyata performa apik Spurs di lini depan tak diimbangi tanggung jawab di lini belakang.Vlad Chiriches dan Jan Vertonghen memberi terlalu banyak ruang bagi Hazard dan Drogba, seiring keduanya melakukan umpan satu-dua. Hazard pun akhirnya mengoyak gawang Hugo Lloris setelah kerjasama apiknya dengan Drogba di menit19.

Tiga menit berselang, Chelsea kembali memanfaatkan kelemahan lini belakang Spurs. Oscar memberikan umpan terobosan pada Drogba, tapi pengawalan ragu-ragu dari Spurs – antara jebakan  off-side  atau  marking  – justru memberi ruang bagi sang penyerang. Drogba menguasai bola di kotak penalti dan dengan tenang menaklukkan Lloris.

Gol kedua Chelsea tersebut cukup untuk merunguhkan kepercayaan diri Spurs. Asupan bola ke lini depan semakin berkurang dan Chelsea semakin sering mendominasi. Satu peluang hasil kerjasama Oscar – Willian nyaris merobek gawang Lloris, tapi sang penjaga gawang mampu mengantisipasi sepakan dari nama terakhir.

Babak Kedua

Spurs mencoba mengejar defisit gol, tapi mereka selalu kerepotan saat Hazard dan Oscar mengontrol bola. Hasil kerjasama Christian Eriksen dan Kane menghasilkan satu peluang, tapi tekanan dari Cahill dkk membuat pemain Spurs itu gagal mengonversinya menjadi gol.

Mauricio Pochettino memainkan Paulinho dan Nacer Chadli, menarik keluar Lennon dan Mason. Sang manajer ingin mengimbangi lini tengah Chelsea, tapi tak banyak yang bisa dihasilkan oleh duo tersebut.

Adapun, pergantian yang dilakukan oleh Jose Mourinho justru langsung berbuah. Remy masuk menggantikan Drogba dan lima menit setelahnya, penyerang Prancis itu mempermalukan Fazio dan Vertonghen, lalu menceploskan bola ke gawang Lloris.

Kane masih menunjukkan determinasi di tengah lapangan, namun sepertinya atmosfer semangat Spurs telah berubah kelam. Mereka melepaskan beberapa sepakan putus asa, tapi hal tersebut tak mengubah keadaan hingga bubaran.

SUSUNAN PEMAIN

Chelsea : Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Fabregas, Matic; Willian, Oscar, Hazard; Drogba.

Tottenham : Lloris; Chiriches, Vertonghen, Fazio, Davies; Bentaleb, Mason; Lennon, Eriksen, Lamela; Kane.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*