Ingin Cetak Lulusan Perikanan, Susi Berambisi Bangun 10 Universitas Perikanan

135027320141028RAM041780x390Sapujagat.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi ingin mencetak lulusan perikanan yang handal dan dapat membantu para nelayan untuk mengembangkan pasar, Susi Pudjiastuti berambisi untuk membangun 10 universitas perikanan baru. Melalui perguruan tinggi ini, Selain itu, lulusan universitas ini nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi penyuluh nelayan agar hasil tangkapan lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Menurut Susi, potensi tersebut dapat tercapai lantaran Indonesia memiliki garis panjang terpanjang nomor dua di dunia. Selain itu, nelayan Indonesia yang jumlahnya mencapai 6 juta orang.

“Ekspor kita ke 5 sebenarnya kita bisa menjadi nomor 1. Kita punya nelayan 6 juta orang, kalau illegal fishing setop, dan semua nelayan kita memenuhi prosedur penangkapan, maka kita akan mendapatkan keuntungan. Saya ingin membangun 10 universitas perikanan baru agar SDM lulusan tadi dapat membantu nelayan untuk mendapatkan akses pasar,” ujar Susi di Intercontinental Hotel, Jakarta, Rabu (03/12).

Sebelum membangun 10 kampus, Susi meminta para pengusaha lokal membuat inovasi untuk membantu para nelayan. Selain itu, dia juga meminta para pengusaha membangun infrastruktur logistik untuk pengiriman hasil tangkapan para nelayan seperti bandara dengan runway yang tidak terlalu panjang.

“Kemudian saya ingin pihak terkait membangun 2 km saja untuk runway pesawat di pulau terpencil untuk take off dan landing. Jadi ini cara simpel seperti yang saya lakukan mengirim lobster langsung ke pasar. Airport membangun sangat besar. Jadi masalah infrastruktur lagi,” tutupnya.

Dengan adanya bandara mini ini, Susi berharap kualitas tangkapan nelayan masih dalam keadaan segar sampai ke pasar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*